STIP Jakarta

Kamis, 25 April 2019 10:13

Berita Utama



Pembukaan Pendaftaran Sipencatar 2019 pola Pembibitan

(09/04) Jakarta, 9 April 2019. Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/376/M.SM.01.00/2019 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2019, STIP Jakarta selaku UPT dibawah Kementerian Perhubungan, mengundang putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Sederajat untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Adapun persayaratan dan tatacara pendaftaran, dapat dilihat pada tautan berikut : 

.

Untuk buku petunjuk pendaftaran SIPENCATAR 2019, dapat diunduh pada tautan berikut: 

.

Segera daftarkan diri kalian melalui pendaftaran online, ingat semakin awal mendaftar semakin baik di karenakan akses aplikasi pendaftaran online belum terlalu padat terhindar dari kelemotan atau error sistem.

untuk menjadi perhatian bersama juga, berhati hatilah dan teliti dalam menginput data yang dibutuhkan dalam aplikasi pendaftaran sehingga tidak menyebabkan kerugian bagi diri sendiri.

Apabila calon peserta memiliki pertanyaan seputar Sipencatar 2019, dapat langsung mendatangi loket pelayanan Sipencatar di STIP Jakarta.

Loket Sipencatar ini hanya sebagai pelayanan informasi, adapun proses pendaftaran online dapat dilakukan sendiri melalui hp, komputer, laptop yang terkoneksi internet.

Add a comment
 

DPM STIP 2019 menggapai Pulau Terdepan dan Terluar

(Selat panjang ,Kab kepulaun Meranti ,Riau. 24 April 2019) Indonesia merupakan negara kepulauan dengan bentangan pulau lebih dari 1000 pulau, dari ujung timur hingga ujung barat. Luasnya wilayah ini membutuhkan sarana transportasi yang harus di dukung pula dengan kemampuan SDM yang cakap dan handal. Banyaknya pulau di Indonesia, membutuhkan alat Transportasi yang memadai dan menjamin keselamatan dalam menjalankanya, juga dibutuhkan suatu ketrampilan dalam penanganan darurat jika terjadi kecelakaan atau musibah yang tidak diinginkan. Hampir seluruh pulau dihuni oleh masyarakat yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan atau mencari nafkah dengan melaut.

BPSDM melalui STIP mengirimkan team DPM  untuk terjun dan secara gencar melaksanakan kegiatan DPM di pulau atau wilayah terdepan dan terluar dari wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Salah satu daerah itu adalah wilayah Selat Panjang  kabupaten  Kepulauan meranti, Riau. Dengan bekerjasama dengan KSOP Selat Panjang dan Dinas Perhubungan Kab Kepulauan Meranti, STIP menghadirkan tim DPM untuk melaksankan kegiatan edukasi dan berbagi informasi tata cara tindak keselamatan di atas kapal.

Acara pembukaan DPM angkatan IX tahun 2019 di kab. Kepulauan Meranti  diikuti oleh sekitar 700 peserta dan  dibuka oleh H. Rosdaner ,S.Pd, selaku asisten III Bupati kepulauan Meranti yang di dampingi para pejabat dan perwakilan muspida setempat. Dalam sambutannya  beliau menyampaikan "ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh panitia yang telah bersusah payah dan semangat yang sangat luar biasa, khususnya tim DPM dari STIP yang tetap semangat tak kenal lelah dan telah menempuh ratusan kilo meter untuk mencapai wilayah kabupaten kepualauan Meranti ini. Kabupaten ini adalah salah satu wilayah terdepan dan terluar dari wilayah NKRI dan berbatasan langsung dengan Malaysia, semoga kehadiran saudara saudara kami dari STIP ini dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan para masyarakat Nelayan kab.kepulauan Meranti,dan kepada seluruh peserta saya pribadi berpesan gunakan kesempatan ini dengan sebaik baiknya, karena program ini merupakan sebuah anugerah buat bapak sekalian khususnya para nelayan yang mengantungkan hidupnya dari melaut."

Sedangkan di kesempatan yang sama, Pande Irianto Siregar,MM selaku pimpinan team DPM Selat Panjang menyampaikan, "ucapan terima kasih atas sambutan    luar biasa dan antusias yang sangat tinggi atas kegiatan Program DPM ini,semoga kehadiran STIP dapat memberikan mamfaat yang baik buat seluruh para peserta dan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita semua."

Add a comment
 

Program Studi Teknika STIP Terakreditasi ''A'' Dari BAN-PT

(24/4) Jakarta, pada bulan April tahun 2019 ini, Program Studi Teknika Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta mempertahankan kembali status dari Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan status Terakreditasi “A” berdasarkan SK BAN-PT No: 1029/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/IV/2019 yang berlaku selama 5 tahun sejak tanggal 23 April 2019 sampai dengan 23 April 2024.

Akreditasi bagi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran sudah menjadi seperti nyawa. Manfaat lain dari akreditasi adalah, bagi lulusan yang ingin bekerja apalagi ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), beberapa instansi perusahaan pelayaran mensyaratkan akreditasi. Bahkan beberapa perusahaan swasta pelayaran  sudah mensyaratkan calon tenaga kerjanya berasal dari lulusan prodi khususnya bidang teknika /engineer harus dari perguruan tinggi yang terakreditasi ‘A’.

BAN-PT adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Salah satu Kriteria suatu Program Studi Teknika  mendapat Akreditasi “A” yakni, Kualitas dosen, infrastruktur, perkembangan riset harus semakin baik. Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai/komponen dari masukan, proses dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor.

Selanjutnya berdasarkan laporan evaluasi tersebut pihak lembaga asesor mengirim beberapa pertanyaan (borang) untuk diisi dan berdasarkan isian tersebut dilakukan kunjungan lapangan (site visit) oleh asesor sebagai tindakan validasi. Dengan kata lain Akreditasi sama dengan status dan proses. Status disini dalam konteks perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, sedangkan Proses dalam konteks ini maksudnya adalah proses kegiatan akademik telah dilakukan memenuhi standar mutu dan kecenderungan melakukan perbaikan secara berkesinambungan melalui evaluasi diri.

Jika ibarat sebuah kapal, maka akreditasi adalah semacam keterangan kelaikan dari sebuah badan penjamin mutu bahwa kapal yang diproduksinya laik dipasarkan, bahkan tidak hanya di tingkat lokal, tapi bisa bersaing untuk diekspor.

Melalui keikutsertaan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai sekolah Kedinasan yang aktif dalam hal standarisasi dan penjaminan mutu pendidikan, diharapkan SekolahTinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menjadi lembaga yang mendidik Sumber Daya Manusia menjadi Perwira-perwira Ahli Teknika yang handal dan berkualitas internasional maupun di dalam negeri sendiri pada era Revolusi Industri 4.0.

Nauyanam Avasyabhavi Jivanam Anavasyabhavi
Di darat kita berkarya, Di laut kita berjaya.

Add a comment
 

Pengumuman Assesment Penerimaan Tenaga Pengajar

Pengumuman Assesment Penerimaan Tenaga Pengajar, Jakarta 23 April 2019

Add a comment
 

Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan ke Kampus STIP Jakarta

Jakarta 14 April 2019, Menteri Perhubungan  Ir. Budi Karya Sumadi, melakukan kegiatan kunjungan kerja ke kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Selain melihat dan memantau keadaan Kampus STIP Jakarta  yang baru saja mendapatkan Reakreditasi dengan nilai "A" dari Badan Akreditasi Nasional Pergutuan Tinggi (BAN PT), beliau juga melakukan kegiatan dialog interaktif dengan para peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dan Padat Karya yang dilaksanakan oleh STIP Jakarta dan STTD Bekasi.

Kedatangan Menhub ini disambut dengan alunan musik dari Drumband Gita Sapta Bahari, serta iyel iyel dari para peserta DPM dan Padat Karya.

Pada kesempatan ini STIP Jakarta juga mengundang sekitar 30 anak yatim piatu di kawasan Marunda untuk menerima santunan.

Bertempat di Ruang Auditorium STIP Jakarta yang dihadiri sekitar 1000 peserta dialog interaktif ini, beliau menyampaikan dan memaparkan capaian pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah khususnya di bidang Transportasi.

Dikesempatan yang sama, Ir.Umiyatun Hayati Triastuti, M. sc,  selaku Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan  menyampaikan,  "melalui kegiatan padat karya dan DPM diharapkan dapat menciptakan kemandirian  dan membantu masyarakat dalam membuka lapangan kerja ."

Dan  beliau  juga  memberikan apresiasi kepada seluruh lembaga terkait karena kegiatan DPM dan Padat Karya yang dirasa sudah berjalan secara baik, dan tentunya diharapkan agar kegiatan semacam ini dapat terus berjalan, sehingga dapat memberikan skill bagi masyarakat yang nantinya dapat berguna dalam dunia kerja.

Pada pelaksanaan dialog interaktif ini ada sesi tanya jawab dan pemberian door prize kepada peserta yang hadir.

Selanjutnya para taruna juga mendapatkan kesempatan makan siang yang bertempatan di ruang makan Taruna (wisraba) bersama Menhub dan para pejabat di Lingkungan Kemenhub.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 1 dari 131