STIP Jakarta

Kamis, 24 Oktober 2019 11:39

Berita Utama



Penandatanganan Kerjasama antara STIP Jakarta dengan PT MSI Ship Management Indonesia

Selanjutnya...

Jakarta, 22 Oktober 2019

Bertempat di ruang Maritim STIP Jakarta, Capt. Marihot Simanjuntak, MM, selaku Ketua STIP Jakarta telah menandatangani kerjasama dengan Tham Yoke Meng selaku General Manager PT MSI Ship Management mengenai Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pelayaran. Penandatanganan kerjasama ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat struktural/fungsional STIP Jakarta.
Selanjutnya...
Perihal yang dituangkan dalam kerjasama ini meliputi rekrut dan seleksi taruna praktek kerja nyata, pendidikan dan pelatihan pelaut, Marlins Test, MCU dan Ujian Kompetensi LSP.

Setelah penandatanganan kerjasama selesai dilanjutkan dengan foto bersama dan pemberian cinderamata.

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

Add a comment
 

Ketua STIP Buka Kegiatan Seminar Hasil Penelitian Dosen

Selanjutnya...

Jakarta 22 Oktober 2019.

Ketua STIP Jakarta, Capt. Marihot Simanjuntak, MM, dan didampingi oleh Budi Purnomo, M.MTr selaku Puket I, Capt. Supendi, M.MTr selaku KBAAK, dan Dr. April Gunawan Malau, MM, selaku Kepala pusat Pengabdian pada Masyarakat (P3M) membuka secara resmi kegiatan seminar hasil penelitian Dosen STIP ke III tahun 2019.

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika STIP Jakarta diantaranya para pejabat struktural/fungsional, para dosen, para perwira siswa (Pasis) dan para taruna/i STIP Jakarta.
Selanjutnya...Selanjutnya...
Dalam laporan kegiatan yang di bacakan oleh Dr. April Gunawan Malau, MM, beliau melaporkan, "bahwa kegiatan penelitian ini merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang merupakan bgian dari Tupoksi dari P3M, dan kegiatan seminar penelitian ini di ikuti oleh peneliti dari Dosen STIP Jakarta dengan judul penelitian diantaranya:

 
1. Kajian Konsep Mesin Pembakaran Siklus 5 Langkah sebagai Inovasi Baru dalam Bidang Otomotif. 
 
2. Analisa Penggunaan Low Sulfur Fuel Oil dengan High Sulfur Fuel Oil Dilengkapi Serubber pada Kapal Guna Memenuhi Marpol Convention Annex VI Regulation 14 untuk SOX,0,5%
 
3. Meningkatkan Peran Armada Pelayaran Rakyat dalam Mendukung Angkutan Laut di Era Ketidakpastian Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
 
4. Memaksimalkan Kegiatan Praktek Pembubutan dan Pengelasan pada Bengkel Bubut dan Las dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Taruna Prodi Teknika STIP di Bidang Bubut dan Las.
 
5. Optimalisasi Penanganan Pencemaran Minyak di MT. Kamojang guna Menunjang Kelancaran Kegiatan Operasional Kapal.
 
6. Optimalisasi Persiapan Ruang Muat Curah di atas MV.Pan Daisy untuk Menunjang Kelancaran Pengoperasian Kapal.
 
7. Upaya Penangulangan Non Condensable Gas pada Proses Pemuatan di atas Kapal MT.Coral Millepora.
 
8. Optimalisasi Penerapan Sistem Prosedur Penggunaan Peralatan Keselamatan Kerja untuk Mencegah Kecelakaan Kerja di atas MV.Vision Global.
 
9.Optimalisasi Penetapan Sistem dan Prosedur Penggunaan Inert Gas System untuk Mencegah Ledakan saat Proses Bongkar Muat di atas MT.Gamsunoro.

Selanjutnya...Selanjutnya...
Sedangkan dalam sambutanya Ketua STIP menyampaikan "kegiatan seminar penelitian ini merupakan salah satu hal terpenting dalam pengembangan kampus STIP, karena hasil penelitian dari Bapak Ibu Dosen dapat dijadikan sebagai jurnal nasional bahkan jurnal internasional".

Kegiatan seminar penelitian berakhir pada pukul 15.30 yang ditutup oleh Budi Purnomo, M.MTr selaku Puket I mewakili Ketua STIP Jakarta.

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

 

Add a comment
 

DPM STIP Menjangkau Masyarakat Terdepan dan Terluar dari NKRI

Selanjutnya...

Selat Panjang Meranti 21 Oktober 2019.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang berjajar dari Sabang sampai Merauke dan dipersatukan oleh lautan.
Karena letak kepulauan inilah dibutuhkan sarana transportasi penghubung yang salah satunya adalah perahu atau kapal-kapal tradisional yang melayani penyeberangan antarpulau.

Melihat pentingnya sarana transportasi bagi kebutuhan masyarakat ini, diperlukan keterampilan dan pemahaman tentang tata kelola dalam mengoperasikan kapal - kapal tersebut dan untuk itulah melalui BPSDM Perhubungan dengan menugaskan tim Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) STIP Jakarta, Pemerintah hadir dengan memberikan pendidikan dan pelatihan keselamatan bagi awak kapal tersebut.
Pelatihan yang terdiri dari BST, AFF, dan SAT akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 21Oktober s/d 3 November 2019.

 

Selanjutnya...
Mewakili Ketua STIP Jakarta, Drs. Tigor Siagian MM, selaku Ketua Koordinator DPM STIP Jakarta di Kepulauan Meranti untuk wilayah Selat Panjang membuka secara resmi kegiatan DPM untuk masyarakat elayan di wilayah Kepulauan Meranti, dan diikuti sekitar 400 masyarakat yang ada wilayah ini.

Dan kegiatan ini adalah kerjasama antara STIP Jakarta dan KSOP Kelas IV Selat Panjang serta KSOP Kelas I Dumai.

 

Selanjutnya...Selanjutnya...
Dalam sambutan Ketua STIP Jakarta, yang dibacakan oleh Pak Tigor Siagian, beliau menyampaikan "Program DPM ini merupakan salah satu program prioritas nasional pada Kementerian Perhubungan dan merupakan salah satu cara pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan serta pengurangan angka pengangguran dengan cara memberikan keterampilan yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan ataupun bekerja secara mandiri. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat dan untuk itulah STIP Jakarta ini hadir di hadapan bapak bapak semua."

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

Add a comment
 

STIP Jakarta Selenggarakan DPM KeSyahbandaran

Selanjutnya...

Jakarta 21 Oktober 2019

Mewakili Ketua STIP Jakarta, Dr. April Gunawan Malau, MM, dan di dampingi oleh Capt. Didi Sumadi selaki perwakilan dari Balai Pendidikan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL), membuka secara resmi kegiatan "Teknis Awal Dasar-Dasar Kesyahbandaran Khusus Dinas Perhubungan pada Program Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.
Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Midtown Residence Jakarta diikuti sekitar 59 peserta yang berasal dari Dishub beberapa wilayah yaitu:

DishubKab Lamandau = 1 peserta
Dishub Kab Kotawaringin Barat = 3 peserta
Dishub kep.Meranti = 42 peserta
Dishub Kep.Bangka Belitung = 7 peserta
Dishub Kalimantan Tengah = 1 peserta
Dishub Anambas = 4 peserta
Dishub Pekan baru = 1 peserta

Ketua STIP Jakarta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dr. April Gunawan Malau, MM, menyampaikan "saya ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta diklat kesyahbandaran yang berhasil terpilih dan bisa sampai di sini, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu program DPM STIP, yang bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan terkait dengan dasar - dasar kesyahbandaran bagi pegawai Dinas Perhubungan, dan kami berharap agar pengetahuan yang di dapat di sini nantinya dapat di terapkan di lokasi anda semua berdinas, laksanakan kegitan ini secara sungguh - sungguh dan ikuti semua aturan yang telah ditetapkan agar semua kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar. "

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

Add a comment
 

Penutupan Program Diklat Pelaut Tingkat I Nautika dan Teknika Angakat LIII

Selanjutnya...

Jakarta 18 Oktober 2019

Bertempat di Auditorium STIP Jakarta, Capt Marihot Simanjuntak MM, didampingi oleh pejabat struktural/fungsional STIP Jakarta menghadiri pelantikan peserta Diklat Pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Nautika dan Teknika dengan tema "Menjadi Insan Maritim Profesional, Mandiri dan Berwawasan Global". Adapun jumlah peserta diklat yang dilantik pada hari ini sebanyak 64 orang, dengan jumlah peserta diklat bidang Nautika sebanyak 36 orang dan Teknika sebanyak 28 orang yang dinyatakan lulus 100% dalam ujian keahlian pelaut.
Selanjutnya...Selanjutnya...
Ketua STIP Jakarta, Capt. Marihot Simanjuntak, MM dalam sambutannya menyampaikan, " selamat kepada perwira siswa yang telah dilantik sebagai ANT I dan ATT I, semoga para wisudawan dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat sebagai perwira tertinggi diatas kapal". Adapun perwakilan Perwira Siswa yang memberikan kesan dan pesannya, Beliau menyampaikan banyak terimakasih kepada Capt. Marihot Simanjuntak, MM beserta jajarannya yang telah membantu dan melancarkan pelaksanaan Diklat Pelaut tingkat I ini, dan berharap STIP semakin jaya dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi para pelaut Indonesia.

Acara ini ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada para wisudawan dan foto bersama.

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 1 dari 157
 
 
 
Web Analytics