STIP Jakarta

Minggu, 20 Oktober 2019 07:36

Berita Taruna/Peserta DIklat



Pelatihan Dasar Konseling : Helping Skill Bagi Pengasuh Taruna STIP

Selanjutnya...

Jakarta, 6 Maret 2019,
Bertempat di ruang serbaguna gedung PMMK, Unit Psikologi Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran (STIP) bekerjasama dengan Rumah Konseling menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Dasar Konseling : Helping Skill Bagi Pengasuh Taruna yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan & keterampilan dasar konseling bagi para pengasuh.
Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang pengasuh taruna dan dipandu oleh DR. Muhammad Iqbal, M.SocSc (Psy), DR. Amy Mardhatilah dan Mutiara Puspa, S.Psi.
Seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, mereka sangat antusias saat mendapatkan materi mengenai konseling sebagai upaya pencegahan gangguan psikologis, memahami tugas perkembangan dan karakteristik taruna, teori teknik dasar konseling dan praktek konseling.

Selanjutnya... Selanjutnya...

Selanjutnya... Selanjutnya...

Kanit psikologi STIP dalam kata pengantar pembukaan kegiatan ini mengatakan, "Kehidupan taruna tidak lepas dari kondisi sulit dan penuh tantangan. Proses adaptasi dengan lingkungan baru merupakan salah satu stimulus yang berpotensi menjadi konflik dalam kehidupan taruna. Tidak semua taruna mampu melewati kondisi sulit dan membutuhkan individu lain yang dapat membantunya menemukan problem solving dari permasalahan yang dihadapi.
Konseling adalah satu cara yang dapat digunakan untuk mencegah dampak psikologis yang lebih besar dari permasalahan yang dihadapi serta upaya untuk meningkatkan kesehatan mental taruna.
Untuk itu diperlukan peningkatan "Helping Skill" bagi para pengasuh taruna melalui keterampilan dasar konseling."

Add a comment
 

Lapor Diri Taruna Pasca PKN Gelombang II Angkatan 58

Selanjutnya...

Add a comment
 

Daftar Ulang Semester VIII

Selanjutnya...

Add a comment
 

Pembukaan Diklat Updating Non Masa Layar Gelombang II

Selanjutnya...

Add a comment
 

STIP Selenggarakan Leadership Training bagi Staff Resimen Taruna

Selanjutnya... Jakarta 2 Maret 2019, 104 Staff Resimen Taruna  STIP mengikuti kegiatan Leaderahip Training. Kegiatan yang dilaksanakan diruang Auditorium ini berlangsung dari pagi hingga sore hari, dan di isi oleh Adri Kurniawan Spsi, CHRM, CHt, MM, Psi seorang nara sumber yang ahli di bidangnya dan di dampingi oleh Unit Psikologi STIP beserta team.
Ada beberapa  materi yang di sampaikan diantaranya;
- Introduction Self Assesment(DISC)
- What is Leadership
- The five Leadership Practices
- Film Analysis dan Group Discusion
- Group Presentation

Mengutip  pernyataan dari Sugeng Supriyono,  selaku Kanit Psikologi STIP, beliau mengatakan,
Tujuan  dari kegiatan ini ada beberapa hal, antara lain,
- Meningkatkan & mengembangkan serta memperluas wawasan dlm melaksanakan tugas2 kepemimpinan
- Memberikan tuntunan serta meningkatkan pola pikir, sikap, perilaku & kepribadian.

Selanjutnya... Selanjutnya...

Salah seorang peserta Taruni Dian Astriani ( 21/VII/K), yang merupakan salah seorang peserta mengatakan; "Kegiatan ini sangat baik buat kami, khususnya sebagai bekal tambahan dalam nanti memimpin diri sendiri dan orang lain,terutama buat memimpin adik - adik di kampus ini, kita jadi tahu bagaimana menjadi pemimpin yang baik, yang jujur yang berani mengatakan kebenaran dan punya prinsip etika yang baik sehingga mampu mengajak anggota yang di pimpinya untuk mau di ajak bekerja bersama  dan bisa membangun visi yang jelas buat kemajuan organisasi khususnya Corp Resimen Taruna Taruni STIP."
Sedangkan Faris Arya Ramdhani (21/VII/K) selaku Komandan Resimen (DanMen)Taruna STIP dalam pernyataannya  mengatakan: " yang saya dapat dalam pembekalan leadership training sore tadi ialah sangat penting bagi jajaran staff resimen taruna karena ini termasuk hal yang fundamental sebagai bekal memimpin taruna taruni di stip dalam berbagai hal.
Dalam hal memimpin kita harus tau karakter kita masing masing untuk disesuaikan dan diadaptasikan dengan pemimpin yang lain.
Sebelum memimpin kita harus bisa memperbaiki diri kita untuk patut di contoh dengan berpegang pada cadet honor codes dan corps promise sikap bijak dan tegas dalam setiap pengambilan keputusan harus dipertimbangkan untuk kepentingan banyak pihak.

Selanjutnya... Selanjutnya...

Selanjutnya...

Planning kerja, Pengorganisasian dan juga division of work juga sangat berperan dalam pelaksanaan yang optimal yang nantinya akan menghasilkan kinerja staff resimen yang baik.
Selain itu kami dikenalkan dengan tipe tipe kepribadian seseorang pemimpin lalu tipe tipe kepemimpinan untuk nantinya diimplementasikan saat kami memimpin taruna taruni stip.
Sebagai seorang taruna yang dibentuk untum menjadi seorang perwira yang handal kami harus mempunyai sikap, kedisiplinan, kebugaran jasmani, serta intelijensia juga cara berpikir yang kritis serta analitis. Hal hal tersebut akan menjadi kombinasi yang sangat luar biasa ketika kita menjadi seorang perwira / pemimpin kelak."

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 8 dari 49
 
 
 
Web Analytics