STIP Jakarta

Minggu, 18 Februari 2018 23:23

Partisipasi STIP Jakarta Dalam Acara Asian Conference on Maritime System and Safety Research

ACMSSR atau yang disebut dengan Asian Conference on Maritime System and Safety Research menyelenggarakan pertemuannya yang ke 17 di Singapura.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tgl 17-18 Agustus 2017 bertempat di Maritime Institute, Singapore Polytechnic dan diikuti oleh negara-negara Asia seperti Jepang,Indonesia, Korea, Singapura, Taiwan.

Pada hari pertama, acara ini dibuka oleh presentasi penelitian dari Prof. Hiroaki Kobayashi dari Jepang dengan judul Proposal for Progress of Full Automation of Ship Handling, yang dilanjutkan oleh presentasi dari beberapa negara lain. Pelaksanaan hari pertama ini ditutup dengan acara makan malam. Sedangkan pada hari ke dua, ACMSSR dibuka dengan presentasi penelitian dari Prof. Uchino Akiko dari Jepang dengan judul proposal Verifying the Influence of Workload upon Achieving Safe Navigation yang juga ditutup dengan acara makan malam.

Indonesia pada kesempatan ini diwakili oleh 2 tim peneliti dari para dosen STIP Jakarta. Tim peneliti yang pertama yaitu Antoni Arif Priadi, Vidya Selasdini, Titis Ari Wibowo dengan mempresentasikan penelitian yg berjudul Evaluation on Passengers' Safety Knowledge on Boqrd Vessel Serving Kali Adem to Kepulauan Seribu Using Gap Analysis. sedangkan peserta yang kedua yaitu Abdul Rohman dengan penelitian berjudul Analyse Education and Training Using Marine Engine Simulator at STIP Jakarta.

Keseluruhan penelitian telah dimasukkan dalam proceeding yang nantinya masuk ke dalam jurnal internasional yg dapat menjadi nilai tambah bagi STIP dalam penyusunan akreditasi.

Selain mengikuti ACMSSR, tim peneliti juga berkunjung ke beberapa tempat, yaitu :
1. Port Operation Control Centre milik Singapore Polytechnic .
2. MPA Singapore untuk menyaksikan VTIS generasi ke 4 milik singapore .

 

Web Analytics