STIP Jakarta

Minggu, 18 Februari 2018 23:17

Focus Group Discussion II (FGD) Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi STIP

(16/10) Pada hari ini STIP melaksanakan Focus Group Discussion II (FGD) dengan tema "Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi". Dalam agenda diskusi tahap II ini hadir Dr. Koes Pranowo sebagai narasumber, Laksda Estu Prabowo sebagai pengamat dan didampingi oleh Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH serta pejabat struktural dan fungsional STIP Jakarta.

Focus Group Discussion (FGD) saat ini sangat populer dan banyak digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian sosial. Pengambilan data kualitatif melalui FGD dikenal luas karena kelebihannya dalam memberikan kemudahan dan peluang bagi peneliti untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap, serta pengalaman yang dimiliki oleh responden/pesertanya.

Pada diskusi kali ini membahas terkait pendidikan akademik dan vokasi. Pendidikan akademik biasanya melekat pada seseorang lulusan dari perguruan tinggi untuk menguasai dan mengembangkan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu misalnya jenjang pendidikan S1, S2, dan S3. Sedangkan pendidikan vokasi melekat pada seseorang lulusan dari perguruan tinggi untuk diarahkan menguasai keahlian terapan tertentu misalnya D1, D2, D3, dan D4. Dengan memahami perbedaan tipe pendidikan tersebut maka diharapkan dapat membantu STIP dalam mengembangkan jenjang pendidikan S1, S2, dan S3.

 

Web Analytics