STIP Jakarta

Selasa, 22 Mei 2018 17:41

Pelantikan Perwira Remaja Pelayaran Angkatan LVI STIP Tahun 2018

Rabu - 09 Mei 2018 ,  telah dilaksanakan Pelantikan Perwira Remaja Pelayaran Angkatan LVI STIP Tahun 2018 di Lapangan Upacara STIP – Marunda, Jakarta Utara.

Acara pelantikan kali ini sangat istimewa, dihadiri oleh 2 (dua) Menteri Kabinet Presiden Joko Widodo, yaitu Menteri Perhubungan RI-Budi Karya Sumadi beserta istri dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi – Asman Abnur,SE.,M.Si selaku Inspektur Upacara.

Diawali dengan acara hiburan yang menampilkan Tari Kolosal dan Paduan Suara STIP bernama  “ Oceanis Voice”  terdiri dari taruna taruni tk.1 STIP yang membawakan lagu dari beberapa negara seperti Korea, Jepang, Jerman, Inggris, China, Saudi Arabia dan Indonesia, Senam dan Halang Rintang Balok, Kolone Senapan dan Drumband STIP “ Gita Sapta Bahari” yang juga membawakan beberapa alunan musik diantaranya Final Countdown, Pahlawan Bangsa, Kereta Malam yang di medley dengan lagu Oplosan,  Seaman Sailor.

Acara selanjutnya Laporan Ketua STIP, Capt. Sahattua P.Simatupang,MM.,MH terkait pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Pengawasan dengan Teknologi Modern Berkarakter Industri kepada Menteri Perhubungan RI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran para Taruna STIP, sehingga para Taruna bisa tetap belajar sambil bekerja di dunia pelayaran. Program ini juga memberikan kesempatan belajar yang luas bagi Taruna STIP karena pembelajaran ini tidak mengenal batas, setiap saat dan setiap waktu Taruna bisa mengakses berbagai sumber belajar sehingga mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan Taruna.

Selain itu, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi berharap para Taruna Taruni STIP dapat meningkatkan kompetensi agar dapat bersaing di kancah mancanegara, karena 80% lulusan STIP diserap untuk bekerja di kapal dan berkontribusi bagi devisa negara.

Dilanjutkan Acara Pokok, Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya upcara dengan penuh khidmat. Beberapa nominasi Maritime Prize di sematkan kepada perwakilan taruna yaitu :

  1. Kartika Adhi Wigya untuk perwira remaja pemenang nominasi  AKademik,
  2. Kartika Adhi Sastra untuk perwira remaja pemenang nominasi  Karya Tulis Ilmiah Terbaik,
  3. Kartika Adhi Wacana untuk perwira remaja pemenang nominasi Bahasa Inggris Terbaik.

Wisudawan yang dilantik merupakan para perwira transportasi laut Diploma IV (D-IV) Program Studi Nautika dan Teknika, dengan rincian D-IV Nautika sebanyak 90 orang, dan D-IV Teknika sebanyak 91 orang.

Dalam sambutannya, Menteri Asman Abnur berharap bahwa lulusan STIP Jakarta dapat memiliki sikap profesional, integritas dan kejujuran serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan di dunia kerja.

Selain itu, dilakukan juga santunan oleh Ibu Asuh Taruna STIP yaitu Ibu Endang Budi Karya dan DWP di lingkungan BPSDM Perhubungan dan DWP STIP Jakarta.

Acara Pelantikan ini ditutup dengan Gala Dinner yang bertempat di Cadet's Lounge STIP yang dihadiri oleh segenap tamu undangan dan serta para wisudawan beserta keluarga. Nuansa pinggir danau yang memberikan kemewahan serta beberapa sajian hiburan tari Sumatera Barat di lengkapi dengan Penampilan Tim Angklung DWP STIP beserta taruna  dengan lagu yang di bawakan Bangun Pemuda Pemudi dan Kenangan Terindah –Samsons.

 

 

 

 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id


Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@dephub.go.id



imo