STIP Jakarta

Jumat, 14 Desember 2018 11:40

Seminar Internasional 2ND Global On-Board Training (GOBT) dan International Conference on Maritime Education and Training (ICMET) tahun 2018

(Jakarta, 14/11/2018) Hari ini telah dilaksanakan acara seminar internasional 2ND Global On-Board Training (GOBT) dan International Conference on Maritime Education and Training (ICMET) tahun 2018 di hotel Grand Mercure Kemayoran. Acara ini dihadiri oleh berbagai peserta baik lokal maupun internasional diantaranya perwakilan dari Bangladesh Marine Academy, Bangladesh; Escola Superior de Ciencias Nauticas, Mozambik; The Alumni of Maritime Academy of Nigeria, Oron Nigeria; Dar es Salaam Maritime Institute, Tanzania dan Instituto Nacional da Miranha, Mozambik. Seminar internasional ini akan digelar selama 3 hari dari tanggal 14 November hingga 16 November 2018. Hari ini, merupakan hari pertama dari rangkaian acara seminar internasional yang akan diisi dengan acara 2ND Global On-Board Training (GOBT) conference. Acara dibuka dengan penampilan angklung yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pada kesempatan kali ini, Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc. mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan tamu undangan yang telah hadir. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada  menteri perhubungan bapak Budi Karya Sumadi atas dukungannya yang luar biasa sehingga acara ini dapat  terlaksana dengan baik. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Mr. Hisashi Yamamoto atas  kehadirannya, serta kepada  Capt.Marihot Simanjuntak selaku Ketua STIP beserta team  yang telah mempersiapkan acara ini sebaik mungkin . Kepala BSPDM Perhubungan juga berharap agar kegiatan GOBT dan ICMET ini dapat berguna untuk meningkatkan kwalitas pendidikan dan pelatihan kemaritiman di indonesia. Pada kesempatan kali ini pula Ibu Kepala BPSDM Perhubungan memberikan tawaran kepada seluruh tamu undangan yang hadir, khususnya tamu yang datang dari luar negeri agar dapat berwisata menikmati beberapa keindahan yang ada di Jakarta, seperti kawasan kota tua dan TMII yang merupakan miniatur dari wilayah keindahan Indonesia.

Kemudian acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi. Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan menegaskan bahwa dengan semakin tinggi nya tantangan pembangunan di sektor tarnsportasi, kita dituntut untuk mampu beradaptasi dan terus berinovasi melalui perubahan pola kerja baru yang lebih efektif dan efisien, dengan menciptakan sistem transportasi yang andal, SDM yang kompeten, serta sarana dan prasarana yang baik. Menteri Perhubungan juga mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan dan memeriahkan acara ini. Kedepannya, beliau berharap agar sinergitas dan komunikasi antar lembaga pemerintah dapat terus dijalin untuk mendukung pencapaian program-program pemerintah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pidato dari para keynote speaker. Pada kesempatan kali ini, keynote speaker yang hadir adalah Dr. Hishashi Yamamoto selaku Secretary General of Global on Board Training Center dan juga Anish Wakhende selaku co-founder dari Marine Insight. Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan diskusi tentang Jakarta Resolution dengan seluruh peserta yang hadir. Rencananya acara hari ini akan ditutup dengan makan malam bersama seluruh peserta seminar dan tamu undangan.

Esok hari (15/11), rangkaian acara akan dilanjutkan dengan seminar International Conference on Maritime Education and Training (ICMET). Melalui seminar ini, para presenter yang telah hadir akan memberikan paparan atas hasil penelitian yang telah mereka lakukan. Kegiatan yang akan berlangsung sepanjang hari ini, akan ditutup dengan Farewell Dinner yang akan dihadiri oleh semua peserta maupun tamu undangan. Rangkaian acara yang akan berakhir tanggal (16/11) ini, akan ditutup dengan kegiatan field trip, mengunjungi beberapa tempat di Jakarta seperti pelabuhan Tanjung Priok, Kawasan Kota Tua serta mengunjungi STIP Jakarta.

 

 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id