STIP Jakarta

Jumat, 14 Desember 2018 11:49

Kuliah Umum Dr. Capt. Anton Sihombing di STIP Jakarta

(27/11) Bertempat di Kampus STIP Jakarta Dr. Capt. Anton Sihombing Penasehat Corps Alumni Akademik Ilmu Pelayaran (CAAIP) dan Ketua Ikatan Nahkoda Niaga Indonesia (INNI) memberikan kuliah umum dengan tema “Indonesia Membangun Poros Maritim”.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua STIP Capt. Marihot Simanjutak, MM. Dalam sambutannya Ketua STIP mengatakan, “hari ini kita kedatangan tamu yang luar biasa, yang merupakan salah satu sesepuh Akademik Ilmu Pelayaran (AIP) yang saat ini beliau sebagai  Penasehat CAAIP dan Ketua INNI, hari ini kita semua akan banyak belajar dari senior kita ini, karena apa yang beliau sampaikan kepada kita adalah bagian dari pengalaman beliau selama ini”. Setelah sambutan Ketua STIP acara dilanjutkan dengan materi kuliah umum dari Dr. Capt. Anton Sihombing.

Saat menyampaikan kuliah umum Dr. Capt. Anton Sihombing menjelaskan bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta merupakan salah satu bagian dari pembangunan poros maritim. Yang beberapa waktu lalu telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Dan di STIP inilah tempat dimana pelaut handal dididik dan ditempa untuk menjalankan dan menggerakkan seluruh kapal yang ada di dunia sekalu perwira pelayaran niaga.  Maka untuk para Taruna/I STIP harus bangga karena anda semua adalah manusia terpilih dari sekian juta penduduk Indonesia dan memiliki kesempatan belajar di Kampus STIP.

Sejarah juga sudah membuktikan betapa pentingnya wilayan laut kita, dan dimasa dahulu kita pernah membuktikannya menjadi wilayah yang memiliki armada laut yang kuat, dan saat ini kejayaan itu harus bisa kita kembalikan. Karena sebagian besar saat ini perjalanan ekonomi strategis antar Negara dan Benua sangat mengandalkan jalur laut.

Di penghujung acara beliau mengutip penyataan Bung Karno tentang “Cakrawati Samudra”. Cakrawati Samudra adalah sebuah bangsa yang mempunyai armada niaga, armada militer, dan bangsa yang kesibukannya di laut menandingi irama gelombang laut. Kemudian kuliah umum ini ditutup dengan sesi tanya jawab, dimana Taruna/I STIP sangat aktif bertanya tentang perkembangan maritime Indonesia dan dunia kepada Dr. Capt. Anton Sihombing.

 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id