STIP Jakarta

Minggu, 22 September 2019 13:48

Berita Utama

Menteri Perhubungan Lantik 2.597 Perwira Transportasi Perhubungan

Selanjutnya...Jakarta 18 September 2019.
Menteri Perhubungan RI Ir.Budi Karya Sumad melantik Perwira Transportasi Perhubungan yang berasal dari 15 sekolah dengan jumlah 2.597 orang, dengan rincian matra darat 756 orang, matra laut 1.135 orang dan matra udara 796 orang.
Kegiatan yang berlangsung  di area Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat ini, dihadiri para pejabat pimpinan di lingkungan Kementerian Perhubungan, perwakilan dari Komisi V DPR RI, para keluarga wisudawan dan tamu undangan lainnya. Acara pelantikan ini merupakan bagian dari rangkaian acara memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019.

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...
Dalam sambutanya Menteri Perhubungan menyampaikan, “Para Perwira Transportasi yang dilantik pada hari ini, Kerja keras dan perjuangan Saudara-Saudara selama menempuh pendidikan dan pelatihan telah sampai pada puncaknya, saya berpesan agar tidak berpuas diri terhadap keberhasilan yang saat ini dicapai, melainkan agar terus mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang transportasi, serta memupuk sikap profesional. Ada tiga hal pokok yang perlu diingat dimanapun Saudara bertugas dan berkarya pada bidang transportasi, yaitu lakukan budaya melayani, budaya keselamatan serta budaya bekerja keras yang berintegritas. Saya berharap kalian dapat terus meningkatkan kemampuan dan kinerja sehingga menjadi SDM Transportasi yang unggul baik di kancah nasional, regional, maupun internasional.”

Pada Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi tahun 2019 ini STIP Jakarta mengikutsertakan sejumlah 132 Program Studi Nautika, 81 Program Studi Teknika dan 89 Program Studi KALK . Adapun Perwakilan Perwira terbaik dari STIP yaitu Irma Magdalena, S.Tr.Pel, dalam kesempatan ini juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Asuh Taruna Kementerian Perhubungan. Yang kemudian

Acara Pelantikan Terpadu ini ditutup dengan display Marching Band dan Parade Pakaian Adat dari Tarun dan Taruni.

Add a comment
 

Seminar Penelitian Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Tahap II

Selanjutnya...Jakarta (06/09), pada hari Jumat, 06 September 2019 telah dilaksanakan Seminar Penelitian Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Tahap II dengan tema “Peran Penelitian Dosen Dan Taruna Guna Memasuki Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan seminar ini dibuka langsung oleh Ketua STIP Jakarta, Capt. Marihot Simanjuntak, MM. Dalam sambutannya, Capt. Marihot Simanjuntak, MM mengingatkan kembali bahwa melakukan penelitian merupakan kewajiban setiap dosen dengan tujuan untuk menemukan, membuktikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan tertentu sehingga hasil penelitian akan dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah secara sistematis dengan metode-metode dan teknik-teknik tertentu.

Seminar kali ini dilakukan secara parallel di enam tempat terpisah, yaitu Ruang AVA, Ruang Kelas KA 102, Ruang Kelas KA 106, Ruang Kelas KA 202, Ruang Kelas 203 serta Ruang Kelas KA 204. Terdapat 27 penelitian yang akan dipaparkan. Peserta penelitian terdiri dari para pejabat struktural, dosen, perwakilan dari Perwira Siswa dan juga Taruna.

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

Adapun judul Penelitian yang diseminarkan adalah :

1.            Pengaruh Kompetensi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Sumber Daya manusia Dalam Keagenan Kapal di PT. Bahari Eka Nusantara Cabang Kalimantan Timur, dengan  Tim Peneliti Dr. Larsen Barasa, S.E., M.M.Tr, Capt. Jonggung Sitorus, MM., Dian Astriani, S.Tr.Pel

2.            Pengaruh Pengadaan Spare Part Dan Perawatan Mesinkapal Terhadap Kelancaran Keberangkatan Kapal Milik PT. Pertamina Perkapalan Jakarta, dengan Tim Peneliti Dr. bambang Sumali, M.Sc., Dr. April Gunawan Malau, S.Si., MM., Annisa Novia, S.Tr.Pel.

3.            Pengaruh Berthing Time Dan Berth Outpput Terhadap Utilisasi Dermaga Konvensional Di PT. Pelindo II Cabang Palembang, dengan Tim Peneliti Capt. Marihot Simanjuntak, MM., Dr. Larsen Barasa, SE., MMTr., Dr. Bambang Sumali, M.Sc., Hesti Purnama Isra, S.Tr.Pel.

4.            Hubungan Inventarisasi Suku Cadang Kapal Terhadap Pemenuhan Kebutuhan suku Cadang Di Tasa Kapal Milik PT. Humolco LNG Indonesia, dengan Tim Peneliti Dr. Bambang Sumali, M.Sc., Dr. Ir. Desamen Simatupang, MM., Adrian Wicaksana, S.Tr.Pel.

5.            Optimalisasi Mekanisme Penerbitan Dokumen Bill Of Lading Berbasis Web Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. Container Maritime Activities (CMA) Jakarta, dengan Tim Peneliti Capt. Marihot Simanjuntak, MM., Dr. April Gunawan malau, S.Si., MM., Ratna Puspita, S.Tr.Pel.

6.            Upaya meningkatkan Pelayanan Jasa Keagenan Kapal Guna Menambah Jumlah Kunjungan Kapal Pada PT. Pertamina TBBM Cabang Pontianak, dengan Tim Peneliti Dr. April Gunawan Malau, S.Si., MM., Dr. Ir. Desamen Simatupang, MM., Igriva, S.Tr.Pel.

7.            Pengaru Servis Free Time dan Overdue container Ekspor Terhadap Ketersedian Kontainer Ekspor, dengan Tim Peneliti Dr. April Gunawan Malau, S.Si., MM., Dr. Larsen barasa, SE., MMTr.,Fikria Ilvi Nurdina, S.Tr.Pel.

8.            Pengaruh Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Awak Kapal PT. Amas Iscindo Utama, dengan Tim Peneliti Dr. April Gunawan Malau, S.Si., MM., Dr. Larsen Barasa, SE., MMTr., Ajeng Putri Utami, S.Tr.Pel.

9.            Pengaruh Kompetensi Dan Kedisplinan Awak Kapal Terhadap Kinerja PT. Myclin Express Offshore, dengan Tim Peneliti Dr. Bambang Sumali, M.Sc., Abdul Rachman, MM., Bunga Olo, S.Tr.Pel.

10.          Optimalisasi Kegiatan Bongkar Muat Batu bara PT. Kartika Samudra Adijaya Pada Floating Crane Di Bunati Kalimantan Selatan, dengan Tim Peneliti Dr. Ir. Desamen Simatupang, SE., MM., Dr. Larsen Barasa, SE., M.MTr., Dwiyan Mukti Kusuma, S.Tr.Pel.

11.          Analisis Kepuasan Pelaut Terhadap Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Online Di kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, dengan Tim Peneliti Dr. Ir. Desamen Simatupang, MM., Purnama Nancy Lumban Batu, S.Pd, M.Hum., Hotmaria Evi Junita, S.Tr. Pel.

12.          Pengaruh Ketersediaan Muatan Kapal Dan Waiting Time Terhadap Volume Muatan Kapal Yang Diangkut Studi Kasus Voyage Charter di kapal Milik PT. Indobaruna Bulk, dengan Tim Peneliti Capt. Marihot Simanjuntak, MM., Dr. Larsen barasa, SE. M.MTr., Risam Ayom Sari, S.Tr.Pel.

13.          Pengaruh Kinerja Reliquefaction Plant Dalam Menjaga Kuantitas Cairan Muatan Propylene Di Kapal LPG/C Coral Monactis, dengan Tim Peneliti Deni Fitrial, MT., Sari Kusumaningrum, M.Hum., Meilianasari, M.MTr., Nelson Viky Regulo Freitas, S.Tr.Pel.

14.          Analisis Proses Cargo Heating Pada Muatan LPG (Propylene) Di MT. Coral Monatics, dengan Tim Peneliti Capt. Egbert Edward Djajasana, M.Pd., Drs. Sugiyanto, M.M., Capt. Bhima Siswa Putra, M.M., wismi Maharani, S.Tr.Pel.

15.          Efisiensi Pelaksanaan Tank Cleaning Muatan MFO Di kapal MT. Surya Chandra, dengan Tim Peneliti A. Chalid Pasyah, Dip.Tesl., M.Pd., Capt. Suhartini, M.MTr., Meilianasari, M.MTr., Desri Afriliana, S.Tr.Pel.

16.          Optimalisasi Kemampuan ABK Dalam Perawatan Wire Rope Lifeboat Di Atas Kapal MT. New Winner, dengan Tim Peneliti R.Retno Sawitri Wulandari, M.MTr., A. Chalid Pasyah, Dip. Tesl., M.Pd., Capt. Suhartini, M.MTr., Muhammad Syahrur Riadhy, S.Tr.Pel.

17.          Pengaruh Kinerja Cargo Compressor terhadap tekanan Tangki Muatan Saat Proses Memuat Propane  Di LPGC Gas Widuri, dengan Tim Peneliti Capt. Suhartini, M.MTr., Budi Purnomo, M.MTr., R.Retno Sawitri Wulandari, M.MTr., Putri Sion, S.Tr.Pel.

18.          Optimalisasi Penangan Muatan Dengan tank Cooling Down Guna Menghindari Berubahnya Bentuk Muatan Di Kapal MV. Coral Obelia, dengan Tim Peneliti A. Chalid Pasyah, Dip. Tesl., M.Pd., Capt. Suhartini, M.MTr., R.Retno Sawitri Wulandari, M.MTr., Brendan Aldebaran Tanjung, S.Tr.Pel.

19.          Analisa Penyebab Berkurangnya Produksi Steam Pada Ketel Uap Guna Meningkatkan Operasional Turbin Cargo Oil Pump Di Atas  Kapal MT. Gede, dengan Tim Peneliti drs. Edward Arsanova, M.Eng, MM., Panderaja Sijabat, S.Kom., MM., Abdullah Kurniawan, S.Tr.Pel.

20.          Upaya Mengoptimalisasi Kinerja Kompressor Udara tekanan Tinggi Guna Menunjang Kelancaran Terhadap Pengoperasian Kapal MT. Marlin 88, dengan Tim Peneliti Baihaqi, M.MTr., Purnama Nancy Lumban Batu, S.Pd, M.Hum., Nimrod Irwan Tinambunan, S.Tr.Pel.

21.          Analisis Kerusakan Yang Terjadi Pada Mesin Pendingin Akomodasi Yang Dapat Menimbulkan Perubahan Suhu Di Atas Kapal MV. Pan Energen, Soleh Uddin, MM., Laila Puspitasari, M.Pd., Halim Rahmadsyah, S.Tr.Pel.

22.          Optimalisasi Kinerja L.O. Purifier Guna Mempertahankan Kualitas Pelumasan yang baik Di Kapal KM. Oriental Emerald, dengan Tim Peneliti Drs. Ridwan Setiawan, M.Si., Laila Puspitasari, M.Pd., Halim Rahmadsyah, S.Tr.Pel.

23.          Analisis Penyebab Terjadinya Kecelakaan Di Dalam Ruang Tertutup Guna Mencegah Jatuhnya Korban Jiwa Di MT. Paluh Tabuan, dengan Tim Peneliti Soleh Uddin, MM., Laila Puspitasari, M.Pd., Haris Rijalul Haq, S.Tr.Pel.

24.          Attitudes Towards Gender And Gender Awareness In maritime Institute Of Jakarta, dengan Tim Peneliti Purnama Nancy Lumban Batu, S.Pd, M.Hum., Naumi Apriani, S.Tr.Pel.

25.          The Potential Implementation Of Garbage Skimmer With IoT System At Indonesian Ports, dengan Tim Peneliti R.Retno Sawitri Wulandari, Capt. Suhartini, M.MTr., Aditya Warman, S.Tr.Pel.

26.          Evaluasi Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training Kapal Layar Motor Terhadap Kinerja Nelayan Muara Angke, dengan Tim Peneliti Dr. April Gunawan Malau, S.Si., MM., Agus Togatorop, S.Tr.Pel., Imam Fachruddin, M.Sc.

27.          Creating Youthquake 4.0 Through Social Media For Optimzing the Use Of Mass Rapid Transportaion In Urban Area, dengan Tim Peneliti Purnama Nancy Lumban Batu, S.Pd, M.Hum., Melkisedek N.A. kamagie, S.Tr.Pel., Miftahul Rahma, Syarifah Salsabi.

Melalui penelitian ini, diharapkan STIP Jakarta dapat berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia.

Add a comment
 

Penutupan Program Diklat Pelaut Tk.IV Nautika dan Program Diklat Pelaut Tk.V Nautika dan Teknika Angkatan I STIP Jakarta

Selanjutnya...Jakarta, 11 September 2019.

Bertempat di ruang Auditorium STIP Jakarta, Capt. Abdul Rochman, MM selaku Puket 2 mewakili Ketua STIP melantik perwira siswa program diklat pelaut tk.IV Nautika dan program diklat pelaut tk.V nautika dan teknika angkatan I dengan jumlah 101 peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural dan fungsional, civitas akademika STIP, serta para tamu undangan lainnya.

Adapun tema yang diusung pada kegiatan hari ini adalah " To become an agile and dynamic seafarers" sesuai dengan tema dalam sambutanya Puket 2 menyampaikan,"Diharapkan para peserta diklat mampu berkreasi secara inovatif melalui ide-ide, saran dan masukan bagi perubahan jaman yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0. Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia itu sendiri. Singkatnya revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia."

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

Sedangkan perwakilan peserta diklat dalam penyampaian kesan dan pesan mengatakan "Merupakan suatu hal yang luar biasa buat kami para peserta diklat dapat belajar dikampus STIP yang luar biasa ini, kenapa kami sebutkan luar biasa dikarenakan kampus ini telah banyak melahirkan para pelaut handal dan telah diakui oleh dunia maritim, kami menyaksikan sendiri betapa banyak nahkoda dan pemimpin perusahaan pelayaran yang lahir dari kampus ini dan sepatutnya pula jika kamipun berharap agar nasib kami nantinya bisa sama bahkan bisa melampaui kesuksesan  para pendahulu yang telah sukses terlebih dahulu. Semoga kita dapat bertemu kembali di tempat ini dalam program peningkatan jenjang pendidikan kita selanjutnya."

Selanjutnya...Selanjutnya...

Add a comment
 

STIP Serahkan 427 Sertifikat Ketrampilan Pelaut Gratis

Selanjutnya...Jakarta 10 September 2019,
Mewakili Ketua STIP, Dr. April Gunawan Malau,S,Si., MM, selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Kapus P3M) STIP, menyerahkan secara simbolis 427 sertifikat ketrampilan pelaut program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM), bagi peserta yang berasal dari kawasan KSOP Marunda sekitarnya.
Penyerahan sertifikat ketrampilan secara simbolis ini diterima langsung oleh bapak Sugandi selaku perwakilan dari KSOP Marunda .
Selanjutnya...Selanjutnya...
Sertifikat yang diserahkan adalah program DPM periode 28 Juni s.d. 8 Agustus 2019, yang terdiri dari sertifikat BST KLM, dan SKK30 Mil.
Selain dihadiri perwakilan dari KSOP Marunda Kegiatan yang dilaksanakan Di Cadet Lounge dihadiri juga oleh beberapa pejabat STIP diantaranya ,
Markus Yando Manurung, S.Si.T, Imam Fachrudin dan yang lainnya.

Add a comment
   
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 1 dari 150
 
 
 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

Layanan Pengaduan STIP Jakarta

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta.ac.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id


Web Analytics