STIP Jakarta

Thursday, 20 September 2018 16:59

Berita Utama

Workshop Awareness of Quality System ISO 9001:2015

There are no translations available.

Saat ini banyak organisasi ingin mendapatkan Sertifikasi Standar Sistem Manajemen ISO, begitu pula STIP Jakarta. Untuk dapat menjadi sebuah organisasi yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional organisasi, maka pada tanggal 17 s/d 18 September 2018 diselenggarakan sebuah workshop dengan tema “Awareness of Quality System ISO 9001:20015” di Ruang Audio Visual STIP. Adapun pihak yang berpartisipasi dalam workshop ini adalah :

  1. Puket II STIP
  2. Kepala Pusat Penjaminan Mutu
  3. Kepala Unit Kerja/ Bagian/ Divisi STIP Jakarta
  4. Auditor Internal STIP Jakarta
  5. Quality System Liasson Officer STIP Jakarta
  6. Narasumber dari Associate Consultan-Senior Partner, Registrasi Lead Assesor & Tutor

Pada hari Senin 27 September 2018 agenda “Workshop Awareness of Quality System ISO 9001:20015” dibuka oleh Puket II STIP Capt. Abdul Rachman, MM didampingi oleh Ka. Pusat Penjaminan Mutu Lili Purnamasita, S.SI., M. MTr dan Walda Haritanto sebagai narasumber.  Kemudian dilanjutkan dengan agenda Workshop yang meliputi :

  1. Awareness Workshop
  2. Penyusunan Context of Organization
  3. Identifikasi Risk dan Opportunity setiap unit/ bagian/ divisi kerja

Seperti yang diketahui oleh masyarakat luas terutama pengelola Sistem Manajemen Mutu sebuah organisasi, bahwa ada perbedaan standar antara ISO 9001:2008 dengan ISO 9001:2015. Sehingga dengan adanya workshop ini dapat memberikan sebuah gambaran terkait Sistem Manajemen Mutu yang menggunakan standar ISO 9001:2015, dimana ilmu dari workshop ini nantinya dapat digunakan oleh Kepala Unit/ Bagian/ Divisi di STIP untuk menyusun dokumen kerja.

Adapun keunggulan dari ISO 9001:2015 adalah :

  1. Peningkatan efisiensi pada level operasional
  2. Proses serta dokumentasi yang ditetapkan secara efektif menyebabkan pekerjaan dapat dilakukan secara konsisten
  3. Variasi yang tidak memenuhi standar mutu dapat diminimalkan dan tingkat kesalahan dapat dihindarkan.
  4. Peningkatan efisiensi tingkat organisasi
  5. Implementasi proses tindakan perbaikan dan pencegahan secara efektif menyebabkan solusi permanen terhadap permasalahan dapat diterapkan.
  6. Pekerjaan ulang dan waste diminimalkan.
  7. Peningkatan produktivitas .
  8. Meningkatnya kinerja proses secara terus menerus.
  9. Kinerja direview secara teratur dan fokus pada pencapaian target.
  10. Kepercayaan konsumen akan meningkat dan terjaga dengan baik
  11. Mempertinggi posisi tawar atau bargenning organisasi dalam persaingan
Add a comment
 

Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018

There are no translations available.

(17/9) Pada hari ini STIP Jakarta mendapatkan Trophi Penghargaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018 dengan Predikat PRIMA PRATAMA oleh Kementerian Perhubungan sesuai dengan UU 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Bab IV pasal 6 poin c dengan nilai 65 sampai≤ 75.

Bertepatan dengan  hari perhubungan, setiap tanggal 17 Kemenhub merayakan tapi lebih penting dari itu adalah memaknai bagaimana kita melakukan suatu kegiatan dan bagaimana kita meningkatkan kemampuan dalam hal-hal yang prinsip bagi Kemenhub yaitu berkaitan dengan safety, security, dan level of service. Oleh karenanya apa yang kita lakukan saat ini kita membuat semacam lomba, kepada semua insan-insan pelayanan transportasi seluruh indonesia dengan memberikan penilaian-penilaian dengan level-level tertentu,” ujar Menhub Budi dalam acara Pembukaan Pameran Indotrans Expo 2018 dan Penganugerahan Pelayanan Prima Unit Pelayan Publik Sektor Transportasi 2018.


Pada tahun 2018 ini, terdapat 179 (seratus tujuh puluh sembilan) unit pelayanan publik yang menjadi peserta kegiatan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018 dan dilakukan penilaian terhadap 166 (seratus enam puluh enam) unit. Dalam tahun ini, dari 166 (seratus enam puluh enam) unit pelayanan publik yang dinilai terdapat 3 (tiga) kategori penghargaan yaitu : Prima Utama diberikan kepada sebanyak 30 (tiga puluh) unit layanan, Prima Madya diberikan kepada sebanyak 85 (delapan puluh lima) unit layanan, Prima Pratama diberikan kepada sebanyak 32 (tiga puluh dua) unit layanan salah satunya STIP Jakarta.

Add a comment
 

Upacara peringatan HARHUBNAS 2018 dilapangan Bintang kampus STIP

There are no translations available.

(17/9) Senin, 17 September 2018 telah dilaksanakan upacara bendera dalam rangka Hari Perhubungan Nasional. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Ketua STIP Jakarta, Capt. Marihot Simanjuntak, M.M. Upacara kali ini dihadiri oleh segenap Pejabat Struktural maupun Fungsional, Darma Wanita Persatuan STIP, taruna taruni, perwira siswa dan para pegawai STIP Jakarta.

Dalam amanatnya Ketua STIP membacakan sambutan  menteri perhubungan dalam peringatan HARHUBNAS 2018 "Agar menjadikan peringatan HARHUBNAS 2018 sebagai refleksi terhadap pentingnya konsistensi pada spektrum keselamatan (safety) dan pelayanan (service & hospitaliy). Pelaksanaan efisiensi tidak boleh mengurangi kualitas keselamatan dalam pelayanan perhubungan yang merupakan harga mati dan tidak bisa di tawar."

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STIP juga menyampaikan agar seluruh civitas STIP mau bekerja lebih  keras untuk mewujudkan kinerja yang tinggi sesuai dengan bidang yang menjadi tanggung jawabnya di masing-masing unit. Dan sambutan Ketua STIP di tutup dengan menyampaikan semboyan perhubungan, Wahana Manghayu Warga Pertiwi "perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan negara".

Selamat hari perhubungan nasional 2018.

 

Add a comment
 

Sidang Senat Terbuka Program Diploma IV Angkatan LVII Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Tahun 2018

There are no translations available.

Siang ini (14/9/2018) dilaksanakan kegiatan Sidang Senat Terbuka Program Diploma IV Angkatan LVII Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Tahun 2018. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, MM. yang dihadiri juga oleh Puket I, Puket III, KBKAU, dan para Kajur ketiga jurusan serta pejabat struktural dan fungsional STIP lainnya.
Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti seluruh peserta upacara. Kemudian dilanjutkan dengan laporan pendidikan yang disampaikan oleh Puket I, Capt. Egbert Edward Djajasasana, M.Pd. Dalam laporan pendidikan ini disampaikan jumlah peserta yang berhasil lulus pada program Diploma IV tahun 2018 yang terdiri dari :
1. Program Studi Nautika sebanyak 92 Taruna
2. Program Studi Teknika sebanyak 83 Taruna
3. Program Studi KALK sebanyak 133 Taruna
Sedangkan untuk prestasi pendidikan bagi lulusan terbaik diberikan berupa penghargaan :
1. Kartika Adhi Wignya diberikan kepada Ardo Ardhian NRP 14.7761/N dengan IPK 3,62
2. Kartika Adhi Wignya diberikan kepada M. Farid Fauzi NRP 14.8010/T dengan IPK 3,48
3. Kartika Adhi Wignya diberikan kepada Fadlilah Mursid NRP 14.8075/K dengan IPK 3,67
Pada kesempatan ini, Ketua STIP sekaligus Ketua Senat mengalungkan samir dan memberikan selongsong tanda kelulusan kepada taruna dan taruni. Dalam sambutannya, Ketua STIP menyampaikan "Harapan saya kalian taruna perwira remaja transportasi STIP akan mampu meraih semua cita-cita yang kalian dambakan. Pergunakanlah semua kemampuan yang telah kalian miliki dengan berbekal pengetahuan, keterampilan, dan attitude yang telah kalian dapatkan selama 8 semester, ditempa di Kawah Candra Dimuka Bumi Marunda. Jadikan semua kompetensi yang kalian miliki sebagai modal untuk pencapaian "We Are Ready To Face The Future Revolution Towards Golden Indonesia 2045" sesuai dengan tema sidang senat terbuka kita ".
Add a comment
 

Keikutsertaan STIP Dalam Asean Youth Initiative Conference 2018

There are no translations available.

(13/09) ASEAN Youth Initiative Conference 2018 ini adalah konferensi ketiga yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran Bandung. Bertujuan untuk menggerakkan anak-anak muda di Asia tenggara untuk berpartisipasi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). 
Mengusung tema: Timely Action for Sustainable ASEAN, konferensi kali ini fokus pada 4 SDGs: Gender Equality, industry innovation and infrastructure, life below water, and affordable and clean energy. Konferensi ini diharapkan menghasilkan action plan untuk masing-masing SDG sebagai rekomendasi kebijakan kepada stakeholders.
Salah satu delegasi adalah Taruni STIP, Naumi Apriyani dari prodi KALK. Naumi akan fokus pada salah satu fokus SDG yaitu gender equality. Dalam menyiapkan makalahnya, Naumi juga dibimbing dan didampingi oleh dosen STIP yaitu Nancy Lumban Batu dan Laila Puspitasari. 
Konferensi ini akan berlangsung sampai tanggal 13 September, ditutup dengan acara malam kebudayaan ASEAN di Bandung.
Add a comment
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>
Page 1 of 108

Contact Us

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id



imo