STIP Jakarta

Monday, 19 February 2018 15:14

Berita Utama

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menyambut kunjungan Forum Komunikasi Maritim Indonesia (FORKAMI)

There are no translations available.

hari ini (15/02) di auditorium STIP. Rangkaian kegiatan bertajuk FORKAMI Goes to Campus ini dibuka secara resmi oleh Ketua STIP, Capt. Sahattua P. Simatupang dan pengurus FORKAMI.
Dalam sambutanya ketua STIP, Capt. Sahattua P Simatupang, MM,MH menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar FORKAMI, “Ini waktu yang tepat bagi seluruh insan maritime menunjukkan kepeduliannya terhadap kemajuan kemaritiman Indonesia, khususnya di bidang pendidikan, di mana sumber daya manusianya disiapkan dan dikembangkan.”
James Harry Talakua, selaku Ketua Umum FORKAMI juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian FORKAMI terhadap kemajuan dan pembangunan maritim Indonesia sesuai cita-cita pembangunan Presiden Jokowi. “Kami sungguh berharap agar melalui kegiatan ini, para taruna dapat meluaskan pengetahuan dan wawasan kemaritimannya sebagai modal untuk bersaing di pasar internasional,” tambahnya.
Forum ini berkomitmen untuk mejadi mitra pemerintah di sector maritim untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang bertumpu pada dunia kemaritiman.
Didukung INSA, Austen Maritime Indonesia, SMI, dan Djakarta Lloyd, STIP adalah kampus pertama yang dikunjungi dalam rangkaian FORKAMI Goes to Campus ini.
“Semoga melalui kegiatan ini, taruna-taruni STIP semakin menyadari betapa besarnya potensi dan pentingnya partisipasi mereka bagi perwujudan Indonesia sebagai poros maritime dunia,” tutup Sahattua Simatupang, Ketua STIP.

Add a comment
 

Kegiatan Serah Terima Pengalihan Aset Bus Antara Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dengan STIP Jakarta

There are no translations available.

STIP Jakarta pada hari kamis ini 15 Februari 2018 di ruang maritim STIP.
Kegiatan simbolis penyerahan aset bus ini dilakukan oleh Drs.Totok Suranto, M. Si selaku Ka. Bag. TU KSOP Tanjung Priuk mewakili KSOP Tanjung Priuk dan diterima langsung oleh Ketua STIP Capt.Sahattua P. Simatupang,MM.,MH.

Kegiatan pengalihan aset ini merupakan salah satu bukti dukungan dan kepedulian Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok terhadap STIP yang merupakan salah satu tempat kawah candra dimuka penyedia SDM terlatih pelaut di Indonesia .

Ketua STIP dalam kesempatan ini menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya atas dukungan sarana yang diberikan dari Kantor Otoritas Tanjung Priok dan akan merawat serta dipergunakan sebaik baiknya .

Add a comment
 

INFORMASI SEPUTAR SIPENCATAR 2018 STIP JAKARTA

There are no translations available.

Menyambut tahun ajaran baru 2018 – 2019, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta (STIP) akan membuka  pendaftaran baru SIPENCATAR 2018.                            Bagi lulusan SMU/ SMA/SMK dan lain-lain yang lagi cari kampus buat kuliah daftarkan  segera ke STIP dan pilihlah program studi yang diminati.

Adapun program studi di STIP yang dibuka oleh STIP, yaitu:

  1. Program Studi D.IV Nautika
  2. Program Studi D.IV Teknika
  3. Program Studi D.IV Kalk

 

Sekilas info persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar SIPENCATAR 2018 STIP adalah  :

1. Program Studi D.IV Nautika, lulusan dari  SMU/MA IPA, SMK Pelayaran Jurusan Nautika, Diklat Pelaut IV Pembentukan Pelaut dan ANT-IV.

2. Program Studi D.IV Teknika, lulusan dari  SMU/MA (IPA) / SMK Pelayaran Jurusan Teknika, SMK/MA Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali audio video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendinginan dan Tata Udara dan Teknik Perkapalan untuk program Keahlian Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Pengelasan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri dan Teknik Mekatronika, Diklat Pelaut IV Pembentukan dan ATT-IV.

3. Program Studi D.IV KALK, lulusan dari SMU/MA (IPA/IPS), SMK/MAK Jurusan Bidang Keahlian Bisnis, Manajemen Program  Keahlian Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Perbankan, Asuransi dan Usaha Kecil Menengah.

4. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September tahun pelaksanaan seleksi

5. Jenis kelamin : Pria atau Wanita

6. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan Surat Pernyataan dan Surat Keterangan Asli dari Kelurahan / KUA

7. Tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm

8. Bagi yang masih duduk di kelas XII SLTA wajib melampirkan Surat Keterangan dan Kepala Sekolah sebagai peserta ujian nasional

9. KTP bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun

10. Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP

11. Akte Kelahiran

12. Ijazah / STTB

13. Nilai Ujian Nasional

14. Pas Photo terbaru ukuran 4x6 cm berwarna latar belakang merah 2 lembar, Pas Photo terbaru ukuran 3x4 cm berwarna latar belakang merah 2 lembar

15. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

16. Tidak buta warna, memenuhi standar penglihatan,standar pendengaran, dan tidak menggunakan alat bantu penglihatan (kacamata/lensa kontak) dijelaskan dengan Surat Keterangan Dokter

17. Sehat jasmani & rohani serta berkelakuan baik

18. Membayar biaya pendaftaran, sesuai dengan ketentuan

Bagi yang berminat untuk jadi taruna & taruni kebanggaan STIP, simak  alur  “Tahapan Pendaftaran dan Seleksi Calon Taruna Diploma IV Tahun 2018” di bawah ini 

Jangan lewatkan kesempatan ini dan daftarkan  segera dirimu ke  “PENDAFTARAN ONLINE” :  www.sipencatar.dephub.go.id

Add a comment
 

Visitasi Tim Pokja PJJ STIP ke Universitas Terbuka Jakarta Dalam Rangka Rencana Penerapan Sistem E-Learning

There are no translations available.

Hari ini Rabu,14 Februari 2018, telah dilaksanakan visitasi tim Pokja PJJ STIP ke Univ. Terbuka di Pondok Cabe, dalam rangka rencana penerapan sistem E-Learning. Kunjungan diterima oleh ibu Dra. Marisa, MPd selaku Kepala Divisi Training Institut UT dengan didampingi 2 orang tim IT dari UT.

Hasil pertemuan yg sebagian besar adalah 'brainstorming & konsultasi' yaitu :

1. Bahwa penerapan sistem Pembelajaran Jarak Jauh hanya dapat dilakukan untuk pembelajaran yang sifatnya lebih banyak menggunakan pembelajaran teori.

2. Sehubungan dengan nomer 1(satu), maka disarankan untuk diklat khusus DPM (Diklat Pemberdayaan Masyarakat) yang dapat dijalankan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh adalah diklat yang tidak membutuhkan kegiatan praktikum.

3. Untuk pembelajaran taruna, perlu diklasifikasikan mata kuliah apa saja yg dpt diterapkan dengan sistem Pembelajaran jadi tidak semua mata kuliah dapat menggunakan sistem tsb.

4. Oleh karena telah dilakukan MOU antara BPSDM dengan UT pada tahun 2017,maka UT akan memberikan konsultasi & pelatihan kepada STIP dan diharapkan STIP segera mengirimkan surat agar dpt dilakukan pelatihan bersama dengan UPT lain seperti PIP Semarang,PIP Makasar, BPTJ Tegal, STPI Curug.

5. Terkait butir nomer 4(empat), Sebaiknya yang mengikuti pelatihan adalah perangkat SDM yg sudah 'disiapkan'. Tim tersebut terdiri dari tim IT, staf tenaga sudah kependidikan & dosen yg dipilih sesuai kebutuhan dan sasarannya.

6. Perangkat lain yang dibutuhkan untuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yaitu komputer yang memadai, bandwith yang cukup, jaringan internet yang stabil terutama pada saat uji coba

Add a comment
 

Pelaksanaan Penanda Tanganan Perjanjian Kerjasama Antara Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priuk Dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

There are no translations available.

Hari ini (7/2), telah di laksanakan penanda tanganan perjanjian kerjasama Antara Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priuk Dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Tentang Pengoperasian Kapal Latih Milik Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran KL. Mohammad Husni Thamrin.

Dari pihak STIP di hadiri oleh Ketua STIP,Capt. Sahattua P. Simatupang, MM. MH beserta jajarannya seperti Puket 1, Ka. BAAK, Ka. BKAU, Ka. Sub. Bag. KS & PKN, Kapus Penjaminan Mutu, Kadiv Pengembangan Usaha,Ka.Sub.Div. Pengembangan & Kerjasama, Kapus Penelitian serta Ka. Unit Kapal Latih.

Dari pihak Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priuk hadir Capt. Sudiono, M. Mar selaku kepala kantor dan beberapa pejabat diantaranya Capt. Hendri Ginting, MM Sambutan diawali oleh Kepala Kantor Kesyahbandaraan Utama Pelabuhan Tanjung Priuk".

"Ini merupakan ide kerjasama yg luar biasa dan kami selaku Syahbandar Tanjung Priok sangat mendukung sekali atas kerja sama ini,dan harapan kedepan agar kerja sama ini semakin meningkat ." Dilanjutkan sambutan tuan rumah, oleh Ketua STIP Jakarta. "Ini merupakan sebuah langkah inovasi untuk mendukung perubahan bagi STIP, khususnya peningkatan daya saing para pelaut Indonesia secara luas" .

Dan selanjutnya penandatanganan MOU serta foto bersama.

Add a comment
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>
Page 1 of 91

Contact Us

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id


Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@dephub.go.id



imo

 


Web Analytics