STIP Jakarta

Minggu, 18 Februari 2018 04:01

Berita Utama

INFORMASI SEPUTAR SIPENCATAR 2018 STIP JAKARTA

Menyambut tahun ajaran baru 2018 – 2019, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta (STIP) akan membuka  pendaftaran baru SIPENCATAR 2018.                            Bagi lulusan SMU/ SMA/SMK dan lain-lain yang lagi cari kampus buat kuliah daftarkan  segera ke STIP dan pilihlah program studi yang diminati.

Adapun program studi di STIP yang dibuka oleh STIP, yaitu:

  1. Program Studi D.IV Nautika
  2. Program Studi D.IV Teknika
  3. Program Studi D.IV Kalk

 

Sekilas info persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar SIPENCATAR 2018 STIP adalah  :

1. Program Studi D.IV Nautika, lulusan dari  SMU/MA IPA, SMK Pelayaran Jurusan Nautika, Diklat Pelaut IV Pembentukan Pelaut dan ANT-IV.

2. Program Studi D.IV Teknika, lulusan dari  SMU/MA (IPA) / SMK Pelayaran Jurusan Teknika, SMK/MA Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali audio video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendinginan dan Tata Udara dan Teknik Perkapalan untuk program Keahlian Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Pengelasan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri dan Teknik Mekatronika, Diklat Pelaut IV Pembentukan dan ATT-IV.

3. Program Studi D.IV KALK, lulusan dari SMU/MA (IPA/IPS), SMK/MAK Jurusan Bidang Keahlian Bisnis, Manajemen Program  Keahlian Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Perbankan, Asuransi dan Usaha Kecil Menengah.

4. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September tahun pelaksanaan seleksi

5. Jenis kelamin : Pria atau Wanita

6. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan Surat Pernyataan dan Surat Keterangan Asli dari Kelurahan / KUA

7. Tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm

8. Bagi yang masih duduk di kelas XII SLTA wajib melampirkan Surat Keterangan dan Kepala Sekolah sebagai peserta ujian nasional

9. KTP bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun

10. Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP

11. Akte Kelahiran

12. Ijazah / STTB

13. Nilai Ujian Nasional

14. Pas Photo terbaru ukuran 4x6 cm berwarna latar belakang merah 2 lembar, Pas Photo terbaru ukuran 3x4 cm berwarna latar belakang merah 2 lembar

15. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

16. Tidak buta warna, memenuhi standar penglihatan,standar pendengaran, dan tidak menggunakan alat bantu penglihatan (kacamata/lensa kontak) dijelaskan dengan Surat Keterangan Dokter

17. Sehat jasmani & rohani serta berkelakuan baik

18. Membayar biaya pendaftaran, sesuai dengan ketentuan

Bagi yang berminat untuk jadi taruna & taruni kebanggaan STIP, simak  alur  “Tahapan Pendaftaran dan Seleksi Calon Taruna Diploma IV Tahun 2018” di bawah ini 

Jangan lewatkan kesempatan ini dan daftarkan  segera dirimu ke  “PENDAFTARAN ONLINE” :  www.sipencatar.dephub.go.id

Add a comment
 

Visitasi Tim Pokja PJJ STIP ke Universitas Terbuka Jakarta Dalam Rangka Rencana Penerapan Sistem E-Learning

Hari ini Rabu,14 Februari 2018, telah dilaksanakan visitasi tim Pokja PJJ STIP ke Univ. Terbuka di Pondok Cabe, dalam rangka rencana penerapan sistem E-Learning. Kunjungan diterima oleh ibu Dra. Marisa, MPd selaku Kepala Divisi Training Institut UT dengan didampingi 2 orang tim IT dari UT.

Hasil pertemuan yg sebagian besar adalah 'brainstorming & konsultasi' yaitu :

1. Bahwa penerapan sistem Pembelajaran Jarak Jauh hanya dapat dilakukan untuk pembelajaran yang sifatnya lebih banyak menggunakan pembelajaran teori.

2. Sehubungan dengan nomer 1(satu), maka disarankan untuk diklat khusus DPM (Diklat Pemberdayaan Masyarakat) yang dapat dijalankan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh adalah diklat yang tidak membutuhkan kegiatan praktikum.

3. Untuk pembelajaran taruna, perlu diklasifikasikan mata kuliah apa saja yg dpt diterapkan dengan sistem Pembelajaran jadi tidak semua mata kuliah dapat menggunakan sistem tsb.

4. Oleh karena telah dilakukan MOU antara BPSDM dengan UT pada tahun 2017,maka UT akan memberikan konsultasi & pelatihan kepada STIP dan diharapkan STIP segera mengirimkan surat agar dpt dilakukan pelatihan bersama dengan UPT lain seperti PIP Semarang,PIP Makasar, BPTJ Tegal, STPI Curug.

5. Terkait butir nomer 4(empat), Sebaiknya yang mengikuti pelatihan adalah perangkat SDM yg sudah 'disiapkan'. Tim tersebut terdiri dari tim IT, staf tenaga sudah kependidikan & dosen yg dipilih sesuai kebutuhan dan sasarannya.

6. Perangkat lain yang dibutuhkan untuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yaitu komputer yang memadai, bandwith yang cukup, jaringan internet yang stabil terutama pada saat uji coba

Add a comment
 

Pelaksanaan Penanda Tanganan Perjanjian Kerjasama Antara Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priuk Dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

Hari ini (7/2), telah di laksanakan penanda tanganan perjanjian kerjasama Antara Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priuk Dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Tentang Pengoperasian Kapal Latih Milik Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran KL. Mohammad Husni Thamrin.

Dari pihak STIP di hadiri oleh Ketua STIP,Capt. Sahattua P. Simatupang, MM. MH beserta jajarannya seperti Puket 1, Ka. BAAK, Ka. BKAU, Ka. Sub. Bag. KS & PKN, Kapus Penjaminan Mutu, Kadiv Pengembangan Usaha,Ka.Sub.Div. Pengembangan & Kerjasama, Kapus Penelitian serta Ka. Unit Kapal Latih.

Dari pihak Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priuk hadir Capt. Sudiono, M. Mar selaku kepala kantor dan beberapa pejabat diantaranya Capt. Hendri Ginting, MM Sambutan diawali oleh Kepala Kantor Kesyahbandaraan Utama Pelabuhan Tanjung Priuk".

"Ini merupakan ide kerjasama yg luar biasa dan kami selaku Syahbandar Tanjung Priok sangat mendukung sekali atas kerja sama ini,dan harapan kedepan agar kerja sama ini semakin meningkat ." Dilanjutkan sambutan tuan rumah, oleh Ketua STIP Jakarta. "Ini merupakan sebuah langkah inovasi untuk mendukung perubahan bagi STIP, khususnya peningkatan daya saing para pelaut Indonesia secara luas" .

Dan selanjutnya penandatanganan MOU serta foto bersama.

Add a comment
 

Pembukaan AMI I Tahun 2018

(05/02) Pada hari ini telah dilaksanakan agenda “Pembukaan Audit Mutu Internal (AMI) I” di Ruang Ava STIP, dengan ada acara ini diharapkan Liaison Office (LO) perwakilan setiap unit-unit akan dapat memahami alur proses audit internal yang berlaku di STIP sesuai prosedur penjaminnan mutu yaiti ISO 9001 : 2008. Dalam agenda ini pula hadir Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH, Kapus Penjaminan Mutu Lili Purnamasita, S.SiT., M.MTr, Kepala Unit Monitoring & Audit Akhmad Kasan Gupron, S.S.,M.Pd, pejabat struktural dan fungsional, dan para auditor & laison officer (LO).

Pada kesempatan yang sama Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH memberikan sambutannya yang berisikan bahwa untuk mendukung terwujudnya visi dan misi STIP maka peran auditor dan liaison officer (LO) sangat penting, maka dari perlu memahami ISO 9001:2008 sebagai acuan penjaminan mutu.

Add a comment
 

KETUA STIP DIANUGERAHI PEMIMPIN INSPIRATIF 2018 VERSI 7SKYMEDIA

 Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Capt. Sahattua P. Simatupang, MH, dianugerahi penghargaan Apresiasi Pemimpin Pembawa Perubahan dalam kategori Pemimpin Inspiratif 2018 versi 7SkyMedia pada Jumat (2/2) di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung, Jawa Barat yang dihadiri oleh wakil Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung. 

Sejak menjabat menjadi Ketua STIP, Capt. Sahattua dinilai fokus pada peningkatan mutu STIP dalam menciptakan SDM yang berilmu, kompeten, serta profisiensi yg mumpuni di bidang pelayaran niaga. Proyek Perubahan yang digagasnya mendapat dukungan penuh dari Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Djoko Sasono dan pimpinan Kemenhub lainnya serta mayoritas stakholders. Proyek ini menjadi proyek yang menyatukan seluruh elemen di STIP untuk bersinergi menjadikan STIP menjadi lembaga pendidikan di bawah Kementerian Perhubungan yang menerapkan kebijakan pola pembinaan pendidikan tinggi pelayaran berkarakter industri berkelas dunia di lingkungan kampusnya.

Inovasi yang dilakukan tersebut tersebar merata baik dari segi infrastruktur, pengembangan secara sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan akademik, pengembangan sistem teknologi informasi moderen untuk pengawasan di dormitory dan komunikasi secara internal dan eksternal serta sistem manajemen moderen untuk mutu pelayanan, keselamatan dan  keamanan serta perlindungan lingkungan berorientasi kepada standar industri pelayaran niaga,  juga pengembangan dalam kerjasama antara STIP dan stakeholders. Pada penghujung 2017 lalu, Gagasan Inovasi STIP yang diusung oleh Capt. Sahattua telah lolos pengujian oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) dengan kategori terbaik dan sangat memuaskan. Pameran gagasannya pun masuk dalam kategori 5 terbaik dari 30 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan lembaga pemerintah di seluruh Indonesia.Sampai saat ini gagasan proyek perubahan tersebut masih berlanjut dan sedang dalam tahap jangka menengah. Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Djoko Sasono, mengapresiasi pencapaian ini, "Semoga penghargaan ini menjadi energi tambahan untuk lebih maju lagi dan terus berprestasi”, ujar Djoko.
Bisma Mukti Wibowo juga selaku Ketua Penyelenggara dan Penanggung Jawab 7SkyMedia dalam pemberian penghargaan mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut layak diberikan kepada mereka yang telah menunjukan kualitas dalam memimpin. 7SkyMedia merupakan manajemen yang memberikan apresiasi bagi pelaku yang telah menunjukan sumbangsih dan inovasi atas perubahan-perubahan yang memberi kemajuan dari beberapa sektor termasuk perekonomian, pendidikan, pemerintahan dan sektor lainnya yang berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. “Awalnya saya tidak tahu sama sekali mengenai 7sky media, sedikit terkejut ketika menerima surat pemberitahuan nominasi ini” ujar Capt. Sahattua seusai menerima penghargaan. Ia menambahkan bahwa dukungan Kepala BPSDM Perhubungan-lah yang membuatnya menjadi yakin untuk menerima penghargaan tersebut. “Terima kasih kepada keluarga besar STIP dan BPSDMP serta semua pihak yang telah mendukung saya, penghargaan ini untuk kita semua”, tegas Capt. Sahattua. Secara khusus, kepada seluruh pegawai di lingkungan STIP, Capt. Sahattua  menyampaikan terima kasih yang mendalam disertai harapan semoga kinerja kita semakin baik dan bersama-sama menjadikan STIP menjadi center of excellence pendidikan pelayaran niaga di Indonesia. Inovasi dan pengembangan pendidikan pelayaran niaga ini sejalan dengan salah satu fokus pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, mengembalikan kejayaan  kemaritiman Indonesia di kancah dunia. “Ini tugas yang tidak mudah, namun juga tanggung jawab yang membawa kebanggaan”, tutup Capt. Sahattua.
 
 
 
 
Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 1 dari 90

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id


Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@dephub.go.id



imo

 


Web Analytics