STIP Jakarta

Kamis, 17 Januari 2019 08:36

Berita Utama

Kunjungan University of Tasmania Australia ke STIP Jakarta

( 11/12) Pada hari ini Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) mendapat kunjungan dari pimpinan University of Tasmania Australia (UTA)yang terdiri dari  Mr. Drahsant Bhaskar, Mr. Peter Craven, Mrs. Sara Franz.

Kedatangan pimpinan UTA ini disambut langsung oleh Pembantu Ketua 1 (Puket 1) Capt. Egbert Edward  dan didampingi para pejabat struktural dan fungsional STIP.

Dalam sambutannya Puket 1 menyampaikan "ucapan selamat datang di kampus STIP dan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan dan semoga dari kunjungan ini akan terjalin kerjasama yang lebih luas lagi".


Dikesempatan yang sama Mr. Drahshant Bhaskar selaku perwakilan team University 0f Tasmania Australia (UTA) menyampaikan , "Kunjungan ini merupakan kegiatan studi banding dari UTA khususnya untuk bidang ke maritiman dan di harapkan ke depannya dapat berkolaborasi dalam berbagai bidang kerjasama khususnya pendidikan maritim dan penunjangnya."


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan presentasi dari masing -masing kampus ,sekaligus memperkenalkan program - program  unggulan dan fasilitas yang di miliki.

Add a comment
 

Perayaan Natal Bersama Civitas Akademika STIP Jakarta 2018

(12/12) Hari Rabu 12 Desember 2018 dilaksanakan acara Perayaan Natal Taruna/i, Perwira Siswa dan Keluarga besar Civitas Akademika STIP Jakarta. Acara dilaksanakan di audiotorium STIP Jakarta di hadiri oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM dan beberapa pejabat struktural STIP serta perwakilan dari sekolah dinas STTD dan STPI juga orang tua dari seluruh taruna/i STIP Jakarta. Natal 2018 dengan tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” 1 Kor 1:30a

Acara dimulai dengan ibadah natal yang dipimpin oleh Pdt. Joshua Pitoy dengan renungan Natal serta Khotbah yang berlangsung dengan khidmat, yang kemudian dilanjutkan dengan acara Perayaan Natal yaitu akapela dan paduan suara Taruna Tingkat 1 dan nyanyian puji-pujian dari pegawai STIP Jakarta serta kata sambutan dari Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, M.M.

Komandan Pusroh Kristen memberikan sambutan serta dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Natal 2018. Selain itu, digelar pula doorprize bagi para peserta kegiatan Natal dan dilanjutkan dengan kegiatan Drama oleh taruna/i STIP Jakarta. Acara Perayaan Natal ini ditutup dengan menyanyikan "Feliz Navidad".

Add a comment
 

Audit Program Pendidikan, Pelatihan dan Sertifikasi Pelaut oleh EMSA Tahun 2018

Indonesia merupakan salah satu negara maritime ketiga terbesar pemasok Pelaut di Dunia, sebagaimana disebutkan dalan International Chamber of Shipping (ICS). Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menjaga keahlian, keterampilan dan loyalitas Pelaut Indonesia pada tingkat yang sangat tinggi. Maka dari itu Indonesia harus mendapat verifikasi kepatuhan terhadap aturan – aturan The International Convention on Standards Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW), salah satunya Lembaga yang melakukan audit terkait STCW adalah EMSA. EMSA datang ke Indonesia untuk dapat melakukan verifikasi terkait implementasi aturan STCW dan amandemennya.

European Maritime Safety Agency (EMSA) atau Badan Keselamatan Maritim Eropa melakukan audit ke STIP pada tanggal 07 Des & 10 Des 2018.  Kedatangan EMSA kali ini bertujuan untuk melakukan audit terkait program Pendidikan, pelatihan dan sertifikat maritim yang dikelola oleh kampus STIP.

Kedatangan auditor dari EMSA disambut sangat hangat oleh Ketua STIP Capt. Marihot Simanjutak, MM, Puket II Capt. Abdul Rochman, MM, Puket III Soleh Uddin, MM, Ka.BAAK Capt. Supendi, MM, Ka.BKAU Drs. Brenhard Mangatur Tampubolon, M. Si, Tim Task Force,Tim QMR serta didampingi oleh para pejabat struktural dan fungsional STIP. Adapun perwakilan EMSA yang menjadi auditor yaitu Mr. Andrzej Batycki dan Mr. Mircea-Tinel Audrea.

Sesuai dengan jadwal audit yang telah ditentukan sebelumnya, Tim Auditor Emsa pada hari pertama tanggal 07 Des 2018 ke STIP melakukan verifikasi terkait Dokumen Penjaminan Mutu dan  Program Pendidikan Maritim yang saat ini dikelola oleh STIP sebagai salah satu Lembaga Penyelenggara Pendidikan bagi “Pelaut Indonesia”. Pada hari kedua tanggal 10 Des 2018 audit EMSA dilanjutkan kembali untuk melakukan verifikasi terkait pelaksanaan diklat pelaut, penerbitan ijazah, dan kunjungan fasilitas serta sarana prasana yang digunakan untuk menunjang proses belajar dan mengajar ilmu kemaritiman. Mr. Andrzej Batycki dan Mr. Mircea-Tinel Audrea juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Kapal Latih MH. Thamrin milih STIP di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Dipenghujung agenda Audit Program Pendidikan, Pelatihan dan Sertifikasi Pelaut di STIP, Mr. Andrzej Batycki dan Mr. Mircea-Tinel Audrea menuliskan kesan dan pesan untuk STIP pada bingkai kenangan yang bertuliskan "I have been impressed by the hospitalily, friendliness, and cooperation. I have been also impressed by the dedication of  the staff on ensuring high quality of education and training. I wish you success in your endeavour."

Dengan adanya audit EMSA terhadap sistem pendidikan maritim serta pelatihan dan sertifikasi yang dikelola oleh Indonesia sebagai kepentingan nasional, dan bentuk upaya dalam mempertahankan kepatuhan terhadap persyaratan STCW yang tentunya sangat berguna untuk Pelaut Indonesia dalam berlayar dan berkarir di Eropa.

Add a comment
 

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2018

 

(06/12) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis 06 Desember 2018, berjalan khusuk dan dihadiri banyak jamaah (Pegawai dan para Taruna/i). Acara dimulai dengan pembacaan Kitab Suci Al-Qur’an dilanjut sambutan Danroh kemudian dilanjutkan sambutan Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM. Kemudian di lanjut di acara inti dengan mengundang Penceramah Ustadz Kasif Heer dengan mengambil Tema “Hikmah di Balik Maulid Nabi Muhammad SAW”.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, dimaksudkan untuk meneladani kehidupan, ajaran-ajaran, dan seluruh konsepsi agama yang dibawanya.Selanjutnya adalah untuk menjalankan petunjuk-petunjuk dari kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepadanya. "Inti sifat yang harus diteladani dari sifat Nabi Muhammad SAW adalah ada empat, yaitu sidiq, amanah, fathonah, dan tabligh. Sidiq artinya benar atau jujur, amanah artinya bisa dipercaya, fathonah artinya cerdas, dan tabligh artinya menyeru kepada kebaikan,". Serangkaian acara Maulid ini di akhiri dengan Ramah Tamah antar para Pejabat, Perwira, Taruna/i STIP dan para jamaah yang hadir, Kemudian dilanjut Persiapan Sholat Maghrib berjamaah.

Add a comment
 

KUNJUNGAN MENTERI PERHUBUNGAN SERTA DIALOG DENGAN PESERTA DPM DAN PADAT KARYA DI STIP JAKARTA

(2/12) Pada hari ini 2 Desember 2018 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melakukan Kunjungan Kerja di STIP Jakarta dalam rangka dialog interaktif dengan peserta DPM, warga masyarakat padat karya, dan seluruh Civitas akademika, taruna/i STIP Jakarta.  Acara digelar di Auditorium STIP Jakarta. Menteri Perhubungan disambut dengan marching band Gita Sapta Bahari oleh taruna/i dan sempat diberikan Baret oleh personil marching band dan gitapati adalan STIP Jakarta.

Setelah itu, Menhub dan para tamu kehormatan memberikan  ucapan selamat kepada peserta DPM STIP yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam dialognya Menhub memaparkan pembangunan yang sudah dilakukan di sektor transportasi dan dampaknya terhadap perekonomian di Indonesia. Tentang tujuan dan perkembangan program tol laut, “Tidak hanya pembangunan fisik, salah satu program indonesia sentris adalah tol laut, dimana program ini akan memberikan pemerataan akses terhadap logistik di seluruh wilayah indonesia,” jelasnya.

Sementara untuk DPM, Menhub menitikberatkan program ini terhadap pembentukan karakter SDM Indonesia. “Selain keahlian teknis, yang terpenting lagi adalah membentuk akhlak para peserta, tidak ada gunanya kita pintar tapi tidak berakhlak yang baik,” tegasnya.

“Saya minta STIP lebih dekat dengan masyarakat sekitar, salah satunya dengan program padat karya, dan juga pemberdayaan masyarakat (DPM), sehingga masyarakat sekitar juga merasakan manfaat dari kehadiran STIP itu sendiri”.


DPM STIP Jakarta diikuti oleh 191 peserta yang berasal dari SMKN 4 Cilegon, SMK Taruna Indonesia Jambi, Dishub Kepulauan Seribu, Lembaga Kepelautan dan Perikanan Indonesia dan SMKN Jakarta Raya serta program padat karya yang diikuti oleh peserta sekitar 400 orang warga kelurahan Marunda.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 3 dari 119

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id