STIP Jakarta

Selasa, 19 Maret 2019 02:22

Berita Utama

Silaturahim Penggurus CAAIP ke Kampus STIP

Jakarta 28 Februari 2019,
Sejumlah penggurus Corps Alumni Akademi Ilmu Pelayaran (CAAIP) yang terdiri dari,
- Capt. Iman Satria Utama, selaku Ketua Umum CAAIP
- Achmad Jauhari,  sekjend CAAIP
beserta rombongan, datang dan bersilaturahim ke kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).
Kedatangan para penggurus CAAIP ini di sambut langsung oleh Ketua STIP, Capt. Marihot Simanjuntak, MM,dan di dampingi oleh beberapa pejabat di STIP.
Setelah bertemu dan ramah tamah dengan para pejabat di STIP, acara di lanjutkan  dengan tatap muka dengan para Taruna taruni dan beberapa alumnus STIP fresh graduated yang turut hadir dalam kegiatan inj.

Dalam sambutannya Ketua  Umum CAAIP mengatakan tujuan kegiatan ini adalah , Untuk memperkenalkan organisasi CAAIP kepada para Taruna Taruni dan semua yang hadir tentang keberadaan oraganisasi CAAIP sebagai wadah para lulusan nantinya. Selesai tatap muka dan silaturahim acara di tutup dengan foto bersama dan pemberian  cindera mata.

Add a comment
 

Kunjungan SMA Negeri 2 Tasikmalaya di STIP

Pada hari Kamis, 28 Februari 2019, sejumlah 22 Guru pembimbing dan 379 siswa SMAN 2 Tasikmalaya, Jawa Barat melakukan kunjungan studi tour ke kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.
Kedatangan rombongan ini di sambut oleh Kasubag Ketarunaan dan Alumni Capt. Fahmi Umasangadji, S.SiT.,M.Si dan perwakilan dari bagian pendidikan Diah Zakiah,ST.,MT.
Dalam pernyataan yang dikutip dari salah seorang  guru pendamping, beliau mengatakan "Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi informasi serta wawasan para peserta didik dalam menentukan dan memilih jenjang pendidikan selanjutnya. "


Selain di isi dengan presentasi singkat tentang STIP kegiatan juga di isi dengan kunjungan ke beberapa simulator  serta ke area kolam latih dan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh STIP Jakarta.

Add a comment
 

Kunjungan kerja Direktur Kepelautan dan Kepelabuhanan di kampus STIP

Jakarta 28 Februari 2019, Direktur Kepelautan dan Perkapalan (Dirkapel) kementerian Perhubungan, Capt.Sudiono,M.Mar, beserta team yang terdiri dari, Capt. Hendri Ginting, MM selaku Kasubdit Kepelautan serta Capt. Jaja Suparman, MM selaku Kasubdit Pencegahan Pencemaran dan Managemen Keselamatan, mengadakan kunjungan kerja ke kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Kedatangan Dirkapel, ini disambut langsung oleh Ketua STIP, Capt. Marihot Simanjuntak,MM, beserta para pejabat struktural dan fungsional STIP.
Pada kunjungan kerja ini, beliau melakukan kegiatan tatap muka dengan para Taruna Taruni STIP. Selain menyampaikan beberapa hal terkait dengan aturan dan kondisi pelayaran di Indonesia dan dunia saat ini. Beliau yang merupakan salah satu alumni AIP angkatan 26, Dalam sambutanya beliau mengatakan, "saya bangga bisa berdiri di hadapan kalian semua, saya bangga karena punya kesempatan bertatap langsung dengan kalian adik - adik saya, sebagai  alumni angkatan 26, saya berharap kalian dapat berprestasi melebihi apa yang sudah saya capai, dengan belajar dan bekerja keras saya yakin kalian semua dapat mencapai cita -cita yang kalian inginkan"
 
 
Dan beliau juga menambahkah, bahwa kampus STIP ini harus jauh dari sifat kekerasan dan kekerasan yang pernah terjadi jangan sampai terulang lagi. Dikesempatan tatap muka ini beliau juga mengajak pada Taruna Taruni untuk ber ikrar, untuk menghentikan semua budaya tindak kekerasan  dan menghapuskannya dari kampus STIP.
Add a comment
 

Puncak peringatan Dies Natalis STIP ke 62

 Jakarta, 27 Februari 2019, bertempat di gedung Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Kepala Badan pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Ir.Umiyatun Hayati Triastuti, menghadiri kegiatan puncak Dies natalis STIP ke 62. Selain dihadiri oleh Kepala BPSDMP, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (KAPUSBANG LAUT) Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM. serta Ketua STIP Capt.Marihot Simanjuntak ,MM. dan seluruh  jajaran pejabat dan civitas akademika STIP. Kesemarakan pembukaan acara puncak Dies Natalis STIP ke-62 ini, diawali dengan penampilan tari Gambyong dan karawitan yang dibawakan oleh tim tari dan seni Taruna Taruni STIP, dan ditutup dengan penampilan  paduan suara dari ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) STIP.
Memasuki acara inti , acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Perhubungan dan dilanjutkan dengan  sambutan dari Ketua STIP. Dalam sambutanya beliau  menyampaikan, "Ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan serta para hadirin, dan khususnya kepada Ibu Ka.BPSDMP dan Ka.PusbangSDM Laut yang telah bersedia hadir dan menyempatkan waktu untuk hadir pada acara puncak peringatan Dies natalis STIP yang ke 62 ini, dan ucapan terima kasih juga kepada semua panitia yang telah bekerja keras sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar, sesuai dengan yang diharapkan. Dan beliau juga mengajak kepada seluruh pejabat, pegawai, dosen, dan seluruh civitas akademika agar menjadikan Dies natalis ini sebagai momentum untuk bekerja keras sesuai dengan tupoksi yang telah menjadi tanggung jawabnya". Selesai sambutan dari Ketua STIP, acara di lanjutkan dengan sambutan dan orasi Ilmiah dari  KaBPSDM Perhubungan. Dalam orasi yang bertema "Emporing Women in Maritim Industry" ini beliau mengatakan " saat ini peranan wanita Indonesia  sudah tidak dapat di anggap enteng lagi, karena wanita Indonesia sudah bisa berkedudukan sama dalam hal berprofesi seperti profesi kaum pria, untuk itu para wanita harus terus memiliki  semangat belajar dan pekerja keras pantang menyerah terhadap profesi yang telah dipilihnya. Dan  beliau juga mencontohkan beberapa wanita Indonesia yang telah berhasil berkarir dan memiliki kedudukan di pemerintahan Indonesia dan berpengaruh di dunia Internasional, di antaranya:
- Retno Marsudi Menteri luar negeri 
- Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan
- Puan Maharani selaku Menteri  koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
Di kesempatan ini  beliau  juga mengundang beberapa wanita berprestasi untuk tampil kedepan dan berbagi pesan kepada para wanita muda lainnya khususnya  para Taruni STIP,agar untuk terus semangat dalam belajar,dalam  dalam mencapai cita - cita  dan profesi yang telah menjadi pilihanya. Selesai acara orasi ilmiah, acara di tutup dengan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan kepada para dosen STIP berprestasi yaitu Capt. Suwondo untuk jurusan Nautik, Usemahu Taher untuk jurusan Teknik, Imam Sudjono untuk jurusan KALK serta penyerahan sertifikat RPL.
 
Add a comment
 

STIP Jalin Kerjasama dengan KSOP Tanjung Balai Karimun dan KSOP Kepulauan Seribu

Jakarta 25 Februari 2019.
Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak MM, menandatangani perjanjian kerjasama Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dengan Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas 1 Tanjung Balai Karimun dan Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  kelas IV Kepulauan Seribu.
Acara di awali dengan sambutan dari KSOP kelas 1 Tanjung Balai Karimun, Ir. Junaidi, MM
Dalam sambutannya beliau menyampaikan Ucapan terima kasih atas jalinan kerjasama ini dan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) ini sangat di butuhkan oleh masyarakat sekitar yang di bawah pembinaannya, terutama bagi para nelayan dan yang menggantungkan hidupnya dari hasil melaut.

Sedangkan dalam sambutannya Capt.Hetbert E P Marpaung, S. SiT, M. Mar.
Dalam sambutannya menyampaikan ucapan "terima kasih kepada Ketua STIP dan seluruh pejabat serta managemen STIP, semoga kegiatan DPM ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan kita semua."

Sedangkan Ketua STIP, Capt. Marihot Simanjuntak, MM  di kesempatan yang sama menyampaikan, Ucapan selamat datang kepada kedua tim dari KSOP Tanjung Balai Karimun dan Kepulauan Seribu, dengan harapan semoga kerjasama ini dapat terjalin semakin erat , terus berkembang dan berkelanjutan kepada  bidang yang lainnya, Karena saat ini STIP Jakarta telah memiliki banyak fasilitas yang dapat di pergunakan oleh masyarakat umum. "
Selesai sambutan dari masing - masing pimpinan , acara di lanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara ketiga lembaga. Dan acara di akhiri dengan foto bersama.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 3 dari 127
 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id