STIP Jakarta

Jumat, 23 Februari 2018 20:53

Berita Utama

Pelaksanaan Pelayaran Perdana KL. Mohammad Husni Thamrin Kapal Latih Special Purpose 1200 GT Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

(29/12) Pagi hari ini di Pontianak diselenggarakan acara “Pelaksanaan Pelayaran Perdana KL. Mohammad Husni Thamrin Kapal Latih Special Purpose 1200 GT STIP”.  Dalam acara ini telah hadir Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Ketua STIP Jakarta, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pontianak, Kepala Cabang Biro Klasifikasi Indonesia, Perwakilan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan, Komisaris PT. Steadfast Marine, Direktur Utama PT. Steadfast Marine, serta para tamu undangan. Untuk pembukaan para tamu undangan yang hadir dihibur dengan tarian penyambutan dan bersama – sama menyanyikan Lagu Indonesia raya serta Hymne Perhubungan.


Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr. Ir. Djoko Sasono, M. Sc ( Eng), puji syukur atas karunia Yang Maha Kuasa para tamu undangan yang hadir dapat berkumpul pada “In Commeration Of The Maiden Voyage Of Tranning Ship Muhammad Husni Tamrin”. Ir. Djoko Sasono, M. Sc ( Eng) menjelaskan bahwa berdasarkan International Convention On Standard Of Training, Certification and Watchkeeping For Seafarers (STCW), 1978 Chapter II Standard Regarding The Master And Deck Department Section A-II/1, Table A-II/1 Specification Of Minimum Standard Of Competence For Officer in Charge Of A Navigational Watch On Ships Of 500 Gross Tonnage Or More, Function : Navigation at The Operational Level. Examination And Assesment Chapter. Standard Regarding The Engine Department Section A-III/1 Tabel A-III/1 Specification of Minimum Standard of Competence For Officers In Charger of An Engineering Watch In A Manned Engine-Room or Designated Duty Engineers In A Periodically Unmanned Engine-Room, Function : Marine Engineering At The Operational Level Assesment Of Evidence Obtained From One Or More Of The Following : 1. Approved In-Service Experience, 2. Approved Trainning Ship Experience.

Dengan pembangunan kapal latih ini Dr. Ir. Djoko Sasono, M. Sc ( Eng)  berharap dapat dimanfaatkan oleh taruna, peserta diklat STIP Jakarta sesuai dengan persyaratan dalam STCW 1978, dan dapat dipergunakan oleh Lembaga Diklat Pelayaran Dibawah UPT BPSDM dan Sekolah Tinggi/Akademik Pelayaran Swasta dibawah pembinaan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut. Tradisi pelayaran perdana atau maiden voyage adalah sebuah tradisi penyemangat untuk awak kapal dan sekaligus simbolis doa dan restu untuk keselamatan kapal sampai di tujuan pelayaran. Pemberian nama Kapal Latih Muhammad Husni Thamrin adalah sebuah bentuk penghargaan kepada pahlawan nasional dari betawi, yang dikenal sebagai salah satu tokoh betawi yang menjadi anggota Volksraad (dewan rakyat) di Hindia Belanda. Kapal Latih juga merupakan titik awal lahirnya legenda baru bagi lembaga tinggi diklat pelayaran karena akan menjadi tempat penggemblengan calon pelaut yang kelak akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Kehadiran Kapal Latih Muhammad Husni Thamrin ini juga sebagai sarana penting dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam mengemban fungsi penyedia SDM Bidang Pelayaran.

Adapun agenda selanjutnya adalah dilaksanakan pemotongan pita oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH  dan Walk Around Kapal serta Joy Sailing. Dan diakhir acara akan dilakukan pelepasan Kapal Latih Muhammad Husni Thamrin untuk menuju Tanjung Priok Jakarta.

Add a comment
 

Perayaan Natal Kementerian Perhubungan RI Jakarta

Jumat (22/12) telah dilaksanakan acara Perayaan Natal Kementerian Perhubungan RI di Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh karyawan serta karyawati di lingkungan Kementerian Perhubungan yang beragama Nasrani.


Turut hadir beberapa kepala UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan RI. Diantaranya, Ketua STIP Jakarta Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H. dan Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.Ap., M.M. yang didampingi oleh masing-masing taruna dan taruni yang beragama nasrani. Perayaan Natal tahun ini mengangkat tema " Bekerja Bersama Dalam Keberagaman".

Add a comment
 

Pengarahan Kepegawaian Oleh Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Perhubungan RI Di STIP Jakarta

(21/12) Dalam kesempatan yang sangat istimewa pada hari ini, dilaksanakan acara “Pengarahan Kepegawaian Oleh Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Perhubungan RI”.  Pada awal acara Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH menyampaian sambutannya yang berisikan bahwa untuk meningkatkan disiplin pegawai negeri sipil sesuai PP Nomor 53 Tahun 2010 di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran maka pengarahan kepegawaian ini sangat penting untuk dapat diikuti sehingga dispilin pegawai di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran akan semakin meningkat. Selanjutnya pengarahan kepegawaian disampaikan oleh Ka. Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenhub yaitu Hary Kriswanto, SH,DESS yang diwakili oleh Kepala Bagian Pengembangan Kepegawaian Ryeska Fajar K.S. Psi. MT, dan diujung pengarahan tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab dari peserta. Pada saat yang sama dalam acara ini juga dilaksanakan “Penyerahan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : SK.1110 Tahun 2017 tentang pemberhentian dari jabatan akademik/fungsional Dosen Oleh Ketua STIP Jakarta” kepada Drs, Petrus Sampe, Untung, SE., Susan Haryati, SE, Ak., Sugeng Supriyono, S. Psi.

Add a comment
 

Dialog Sinergi Membangun Bangsa Kemenhub

(15/12) Pada hari jumat yang istimewa ini diselenggarakan agenda "Dialog Sinergi Membangun Bangsa Bersama Kementerian Perhubungan RI" di Pondok Pesantren Al Amin Cicurug Sukabumi. Dalam kesempatan ini hadir Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang diwakili oleh Irjen Kemenhub Dr. Wahyu Satrio Utomo, Ketua STIP Jakarta Capt. Sahattua P. Simatupang, MM,, MH, Pimpinan Pondok Al Amin Sukabumi berserta pada santri pondok.

Pada kesempatan yang sama Dr. Wahyu Satrio Utomo memaparkan tujuan nasional yaitu peran transportasi sebagai urat nadi dalam kehidupan bangsa, santri/santriwati diharapkan turut serta sebagai SDM transportasi pada era yang modern melalui program Beasiswa di Sekolah Kemenhub. Sinergi ini harus dibangun antara Kementerian Perhubungan dengan Pondok Pondok Pesantren. Empat hal kunci sukses softskill kompetensi yaitu :

1. Mampu beribadah yang benar

2. Mampu mengatur diri sendiri

3. Mempunyai kemampuan berkomunikasi dan empati kepada orang lain

4. Mampu menjaga kehormatan sekolah atau pesantren

Selanjutnya acara "Dialog Sinergi Membangun Bangsa Bersama Kementerian Perhubungan RI" diakhiri dengan tanya jawab dan pemberian kenang - kenangan dari Menteri Perhubugan.

Add a comment
 

Tabligh Akbar Dan Qiyamullail Bersama di STIP

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran pada hari Kamis, 14 Desember 2017 kembali menyelenggarakan kegiatan Kerohanian dan Kepedulian Sosial bagi warga sekitar lingkungan kampus STIP. Kegiatan ini diprakarsai oleh Pusat Rohani Islam Taruna/i STIP Jakarta dan mendapat dukungan penuh Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM, MH serta jajaran Puket III.
Bentuk kegiatan ini meliputi kegiatan :
1. Qiyamullail
2. Tabliqgh Akbar
3. Pemberian Peralatan Sekolah dan Santunan Anak Yatim
4. Bekam .
Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua STIP ahattua P. Simatupang, MM, MH yang dilaksanakan di Mesjid Al-Bahr STIP dihadiri oleh para pejabat struktural dan fungsional, staf pegawai, pembina pengasuh, bintara pengasuh, taruna/i dan warga sekitar kampus STIP. Kegiatan Qiyamullail dilaksanakan pada pukul 03.00 WIB dengan Imam Ustadz Hilamudin.

Kegiatan Tabliqgh Akbar dengan Penceramah Ustadz Dr. Haikal Hassan ,M.A.  salah satu Ustadz yang sering memberikan ceramah pada salah satu TV Nasional. Dalam tausiahnya Ustadz Dr. Haikal Hassan ,M.A mengatakan kita semua perlu mencontoh nabi Muhammad SAW selaku contoh pribadi agar nantinya kita semua bisa menjadi pribadi yg cerdas dan amanah seperti Beliau di manapun berada. Kegiatan pemberian peralatan sekolah dan santunan bagi anak yatim secara langsung diberikan oleh Ketua STIP. Kegiatan Kerohanian dan Kepedulian Sosial ini diakhiri dengan pelaksanaan bekam bagi pegawai, taruna maupun warga sekitar oleh Tim Bekam Ruqiyah Jampang. Harapan dari kegiatan ini sebagai salah satu aplikasi pembentukan karakter bagi taruna yg bertaqwa, peduli serta menanamkan rasa conta kasih kepada sesama.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 5 dari 91

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id


Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@dephub.go.id



imo

 


Web Analytics