STIP Jakarta

Selasa, 19 Maret 2019 02:49

Berita Utama

Serah Terima Pejabat Fungsional STIP Jakarta

(4/2) Pada hari ini bertempat di Ruang Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta berlangsung Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) Fungsional. Acara dihadiri oleh Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, MM, Pembantu Ketua, dan para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan STIP.

Adapun Surat Keputusan Ketua STIP Jakarta dengan No : SK/020/KP.004.STIP-19 tanggal 1 Februari 2019 memutuskan dan menetapkan pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pegawai di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta.

Adapun kali ini pejabat yang melaksanakan serah terima jabatan fungsional diantaranya adalah:

  1. Akhmad Kasan Gupron, S.S, M.Pd menjabat sebagai Kepala Pusat Penjamin Mutu (QMR)
  2. Dr. April Gunawan Malau, S.Si, MM menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M).
  3. Dr. Larsen Barasa, SE,M.MTr menjabat sebagai Ketua Jurusan (KALK)
  4. Laila Puspitasari Anggraini, S.Pd menjabat sebagai Sekretaris Jurusan KALK
  5. Asman Ala, ST, MT menjabat sebagai Kepala Unit Monitoring Audit
  6. Naomy Louhenapessy menjabat sebagai Kepala Unit Akreditasi dan Sertifikasi Mutu
  7. Purnama NF Lumban Batu, S.Pd, M.Hum menjabat sebagai Kepala Unit Bahasa
  8. Edy Kurniawan, ST menjabat sebagai Kepala Unit Bimbingan Taruna
  9. H. Abdul Rachman, MM menjabat sebagai Kepala Unit Lab dan Bengkel
  10. Bhima Siswo Putro, S.Si.T menjabat sebagai Kepala Unit Sarana Praktek Pelaut
  11. Titis Ari Wibowo, S.SiT, M.MTr menjabat sebagai Kepala Sub Divisi Pengembangan Kerjasama
  12. Jaya Alamsyah, S.Si.T menjabat sebagai Kepala Unit Olahraga dan Seni
  13. Tristanti, SS, M.Pd menjabat sebagai Kepala Unit Perpustakaan dan Dokumentasi
  14. Winarto Edi Purnama, MM menjabat sebagai Penyusun Rencana Pemeliharaan dan Perbaikan pada Unit Kapal Latih

Ketua STIP juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian yang telah diberikan para pejabat yang lama, dan berharap di tempat dan posisi yang baru akan dapat terus berkarya dan menghasilkan yang terbaik. Selain itu, diharapkan para pejabat baru untuk waktu mendatang pengelolaan STIP tetap membutuhkan penanganan yang profesional, terencana dan berkesinambungan sesuai dengan sertifikasi yang disandang penanganan manajemen yakni ISO 9001:2015 dan status Akreditasi  dari BAN-PT, serta diperlukan semangat dan kerjasama antar unit untuk dapat memajukan dan membawa instansi sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki STIP untuk menjadikan sekolah ini sebagai Perguruan Tinggi Pelayaran yang bertaraf Internasional.

Add a comment
 

STIP Jakarta Jalin Kerjasama Dengan AKMI Cirebon

(1/2) Pada hari jumat ini, bertempat di ruang Maritim STIP Jakarta, Ketua STIP Jakarta Capt.Marihot Simanjuntak, MM menandatangani kesepakatan Kerjasama (MOU)  dengan Direktur Akademi Maritim Suaka Bahari (AKMI) Cirebon Asep Rahmat, SH, MM. Penandatanganan MOU ini merupakan kesepakatan dalam penyelenggaraan pendidikan bagi kedua lembaga.



Selain kerjasama dibidang pendidikan dan praktek ketrampilan, kerjasama ini juga meliputi pemberian sertifikasi, berupa lisensi sertifikasi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) STIP Jakarta.


Dalam sambutannya Direktur AKMI Asep Rahmat, SH, MM menyampaikan, "mengucapkan puji syukur atas jalinan kerjasama ini, dan hal ini merupakan sebuah kebangaan bagi AKMI cirebon agar bisa terus bergerak lebih maju dalam ikut serta mencerdaskan anak bangsa khususnya dalam pendidikan kemaritiman, dan semoga kedepannya kerjasama ini dapat terjalin lebih baik lagi dan semakin erat".


Sementara itu di kesempatan yang sama Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM memyampaikan, "STIP saat ini memiliki berbagai fasilitas pendidikan sarana praktek serta kelengkapan lainnya, yang sudah berstandart International dan dapat dipergunakan oleh masyarakat umum, dan tentunya sesuai dengan aturan dan prosedur dalam pemanfaatannya, dengan jalinan kerjasama ini artinya kedua pihak bisa saling bersinergi dalam pengelolaan pendidikan untuk menyiapkan tenaga terampil di bidang kemaritiman. "

Add a comment
 

Kunjungan Kerja Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Reformasi ke Kampus STIP

(31/1) Pada hari kamis ini bertempat di Ruang Maritim Kampus STIP Jakarta, Dr. Umar Aris, SH, MM, MH selaku Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Kementerian Perhubungan melakukan kegiatan kunjungan kerja ke kampus STIP Jakarta.

Dalam kunjungan kerja ini beliau berkesempatan memberikan pengarahan  dan kuliah umum yang dihadiri oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM dan para pejabat struktural dan fungsional Civitas Akademi serta para Taruna Taruni STIP Jakarta.

Dalam pengarahannya beliau selaku nara sumber kuliah umum dengan tema "Leadership dan Motivasi" menyampaikan "betapa pentingnya niat baik dalam melaksanakan semua aktifitas kita sehari hari, terutama dalam bekerja dan belajar di kampus ini. Kembangkan terus knowledge atau ilmu pengetahuan yang saat ini sudah di miliki, jangan puas sampai di sini.

Dan yang terpenting lagi semua ilmu harus diimbangi dengan Atitude yang baik serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan  manfaatkan ilmu yang sudah di dapat untuk kebajikan bagi masyarakat bangsa dan negara Indonesia dengan skill yang mumpuni. Asah terus skill yang ada, sesuaikan dan tingkatkan terus dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang setiap waktu terus berkembang. "

Diakhir pengarahannya beliau menambahkan "keberuntungan dan rezeki sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, syukuri apa yang sudah saat ini anda miliki diantaranya berhasil menjadi Taruna/i di STIP Jakarta, belajarlah dengan giat dan semangat, fokuslah dalam proses pembelajarannya terutama dalam Bahasa Inggris, ikuti semua aturan yang telah ditetapkan, semoga kalian semua dapat lulus dan berhasil menjadi pemimpin di masa yang akan datang. "

Pada kegiatan ini juga Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak , MM berkenan memberikan sertifikat penghargaan dan cindera mata kepada Dr. Umar Aris, SH, MM, MH dan diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh Civitas Akademika STIP Jakarta.

Add a comment
 

Kunjungan Kerja Kabadan Litbang Kemenhub di Kampus STIP Jakarta

 (30/1) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kabadan Litbang Kemenhub)  Ir. Sugihardjo, M.Si, melakukan kegiatan kunjungan kerja di kampus STIP Jakarta. Dalam kesempatan kunjungan kerja ini beliau juga memberikan kuliah umum dengan tema “Generasi Milenial Bahari”. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak , MM serta seluruh Civitas Akademika yang terdiri dari para pejabat struktural dan fungsional, Dosen dan Taruna Taruni STIP Jakarta.

Dalam pengarahan nya Kabadan Litbang Kemenhub  Ir. Sugihardjo, M.Si menyampaikan "Bahwa  pembangunan SDM di masa yang akan datang akan memiliki tantangan dan hambatan yang sangat besar, salah satunya adalah perkembangan ilmu teknologi yang sedemikian pesatnya mempengaruhi perkembangan dunia, untuk itu diharapkan agar kiranya kita semua tidak cepat merasa puas atas apa yang sudah kita capai saat ini, namun harus semakin giat belajar.

Pesatnya perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap karakteristik pekerjaan yang ada saat ini, dimana ketrampilan dan kompetensi menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan oleh kita yang bekerja di dunia Maritim. Lingkungan strategis bidang Pelayaran di Era Revolusi Industry 4.0 ini harus didukung dengan ‘’Social, Technological, Economic, Environmental, Political, Legal, Etchical”.

Dan menyesuaikan dengan perkembangan ilmu teknologi yang sedang berkembang saat ini. "Beliau juga mengingatkan kepada seluruh Civitas Akademika STIP Jakarta,  "kita harus mau bersama sama meninggalkan budaya kekerasan yang masa lalu pernah terjadi di STIP ini dan hanya menimbulkan kerugian yang berdampak sangat besar terhadap pembangunan SDM di kampus ini, STIP diharapkan dapat lebih menggiatkan  kegiatan yang positif yang membangun watak disiplin, jujur, cerdas dan anti kekerasan. "

Tantangan Millennials bagi taruna/I STIP Jakarta saat ini agar bisa berkarya, bersinergi dan berkontribusi nyata untuk Indonesia yang lebih baik serta ide-ide positif dan inovatif, kecepatan, konektivitas, dan berbagai kemudahan menjadi harapan terbesar terhadap Moda Transportasi.

Di akhir acara,  kegiatan ditutup dengan pemberian cindera mata dan foto bersama para Civitas Akademika taruna/i STIP Jakarta.

Add a comment
 

Penandatanganan MOC Maritime Instructors Training Scheme Dengan MLIT dan SECOJ

(29/1) Pada hari ini di Ruang Maritim STIP Jakarta, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (Kapusbang Laut) Ir. I Nyoman Sukayadnya ,MM didampingi oleh Ketua STIP Jakarta, Capt.Marihot Simanjutak, MM, melakukan penandatanganan Memorandum  Of Cooperation (MOC)  tentang Maritime In structors  Training  Scheme in Japan 2019 dengan The Ministry of Land Insfrastructure, Transport, and Tourism of Japan (MLIT) dan Seamen's Employement Center of Japan (SECOJ).


Acara  di awali dengan sambutan dari Kapusbang laut, dalam sambutannya beliau menyampaikan "Kerjasama ini merupakan sebuah kemajuan bagi kita semua, khususnya untuk peningkatan kemampuan dan ketrampilan Sumber daya manusia di bidang Maritim".

Kapusbang Laut juga menambahkan "Saya sangat mengapresiasi usaha dari semua pihak yang telah mewujudkan kerjasama ini khususnya kepada Ketua STIP Jakarta, Capt Marihot Simanjuntak, MM dari kerjasama kita berharap akan tercipta para instruktur yang sangat berkualitas ".

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari team Seamen's Employement Center Of Japan (SEKOJ)
Yang terdiri dari :

1.Mr. Bunta Sugimoto
2.Mr. Koki Matsushima
3.Mr. Masaki Mogaki

Mr.Bunta yg mewakili sambutan  dari team SECOJ  menyampaikan "Terima kasih atas penyambutan yang  hangat dan sangat penuh kekeluargaan ini, sehingga terasa sangat nyaman dan merupakan sebuah kebanggaan bisa berada di salah satu  kampus pelayaran terbaik yang ada di Indonesia".

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 7 dari 127
 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id