STIP Jakarta

Rabu, 14 November 2018 19:42

Berita Utama

Penerimaan Kembali Taruna/i STIP Angkatan LVIII usai Diklat Redisiplin Tahun 2018

 Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta diwakili oleh Pembantu Ketua 3, Soleh Uddin, M. M. menyambut dan memberikan ucapan selamat dan sukses kepada ratusan Taruna STIP di Lapangan Bintang setelah mengikuti Diklat Redisiplin, di Sentul, Jumat (28/09/2017). Mereka adalah Taruna/i STIP Jakarta yang baru menyelesaikan Praktik Laut (Prala) di kapal selama setahun. Sebelum mengikuti kegiatan belajar di kampus, mereka harus menjalani Diklat Redisiplin yang digelar di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di daerah Sentul, Bogor - Jawa Barat. 
 
Sekitar pukul 14.00 WIB sebanyak 301 Taruna dari Prodi Nautika, Teknika, dan KALK tiba kembali di Kampus daerah Cilincing Jakarta Utara itu. Kepala Unit Bimbingan Taruna, Hotman Tua C. H. Pangaribuan, S. SiT., M. M. bersama staf menyambut para taruna Usai Diklat Redisiplin di depan Gedung Utama Kampus STIP. Dengan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) khas Taruna transportasi, mereka dengan gagah dan tampan kembali masuk kampus dengan semangat dan pola pikir yang kembali fresh. Ratusan Taruna Pascaprala STIP itu siap kembali ke kampus dan melanjutkan proses perkuliahan untuk mendapatkan Ijazah Diploma IV bidang Pelayaran. Selanjutnya dilakukan Upacara Penyambutan dan diberikan ucapan selamat oleh Seluruh Unsur pimpinan dan staf ketarunaan STIP. Setiap Taruna STIP yang baru turun kapal harus mengikuti Diklat Redisiplin untuk mengembalikan Sikap, mental, perilaku Taruna setelah lama meninggalkan kampus. Setelah itu, mulai semester genap Tahun ajaran 2018/2019 ini mereka akan kembali belajar di Kampus sambil menyelesaikan tugas akhir yang diperoleh dikapal dan diujikan.
 
 
 
Add a comment
 

Diklat Madatukar Catar Catir BPSDM 2018

 

Sebanyak 2656 Calon Taruna Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan Tahun Ajaran 2018/2019 berkumpul di Balai Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Karakter (BP3K) Ciwidey untuk melaksanakan Masa Dasar Pembentuk Karakter (MADATUKAR) selamat 14 hari kedepan.

Dari jumlah tersebut, meliputi 2030 pria dan 584 wanita. Mereka adalah Putra-putri Terbaik Indonesia yang lolos Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Pola Pembibitan Tahun 2018.

STIP Jakarta tercatat paling banyak mengirimkan Catar yaitu 389 Orang disusul STPI  sebanyak 349 serta STTD berjumlah 300 orang.



Diklat Madatukar 2018 telah secara resmi dibuka oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M. Si senin (24/09/2018). Turut hadir para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan BPSDMP dari seluruh Indonesia, antara lain Ketua STIP Jakarta, Ketua STTD Bekasi, PIP Semarang, PIP Makassar, Poltekpel Surabaya, BPPTD Bali, dll.

Dalam kesempatannya, Ibu Kepala BPSDMP beramanat :
"Pembukaan Diklat Madatukar ini diharapkan dapat membentuk Seluruh Peserta menjadi pribadi yang Prima, Profesional, serta Beretika, sehingga menciptakan Generasi Penerus terbaik di Tahun 2050."

Dihadiri pula Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, M. Sc. (ENG) selaku perwakilan pusat untuk melengkapi penyelenggaraan kegiatan tahunan tersebut.

Add a comment
 

468 Catar STIP Masuk Asrama

Jakarta (22/9) Sebanyak 468 orang catar yang telah lulus proses sipencatar 2018, hari ini mulai memasuki asrama kampus STIP. Kegiatan di awali dengan registrasi dan pemeriksaan barang bawaan para catar. Proses kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, M.M. dan jajaran puket 3. Setelah periksaan barang bawaan selesai ,acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan dari klinik utama STIP.
 
Pada kegiatan ini juga dilakukan acara makan siang perdana bagi para catar dan disaksikan langsung oleh para orangtua yang mengantar putra putrinya. Pada kesempatan ini Ketua STIP menyampaikan sambutan "betapa perlunya peranserta para orangtua catar catir untuk peningkatan sarana prasarana pendukung ,salah satu dukungan adalah memberikan masukan dan saran melalui media kuisioner yang telah di sediakan di STIP baik secara manual maupun elektronik."
Add a comment
 

Workshop Penyusunan Instrumen Re-Akreditasi Prodi Nautika, Teknika, dan Kalk STIP Jakartar Tahun 2018

Dalam rangka meningkatkan kualitas akreditasi program studi di STIP Jakarta, maka pada tanggal 20 s/d 22 September 2018 diadakan “Workshop Penyusunan  Instrumen Re-Akreditasi Program Studi Nautika, Teknika, Dan Kalk” di Hotel Redtop Jakarta. Workshop  bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kiat-kiat dalam menyusun dokumen akreditasi BAN-PT.

Agenda Workshop kali ini dibuka oleh Ka. Pusat Penjaminan Mutu Lili Purnamasita, S. Si, M. MTr. Pada kesempatan ini pula telah hadir sebagai narasumber dari Universitas Negeri Jakarta selaku asesor untuk BAN-PT yang terdiri dari Prof.dr. Endry Boeriswati, M.Pd, Prof.dr.Hamidah, dan Dr. Umasih untuk dapat berbagi kiat-kiat sukses dalam penyusunan dokumen akreditasi program studi. Peserta workshop kali ini adalah Jajaran Bagian Administrasi Akademik, Bagian Tenaga Pendidikan, Pusat Penjaminan Mutu, Unit Sistem Informasi Manajemen, Unit Pangkalan Data Perguruan Tinggi, dan dosen.

Narasumber yang hadir sangat membantu tim penyusun akreditasi prodi nautika, teknika, dan kalk untuk memahami tahap-tahap penyusunan dokumen akreditasi dengan mempertimbangkan peran jurusan sebagai pengelola data akademik sebuah lembaga pendidikan.

Secara umum, kegiatan workshop in berjalan lancer dan pesera antusias dalam mengikuti paparan materi dari narasumber serta memberikan pertanyaan dalam sesi diskusi. Banyak praktek baik yang disampaikan oleh pemateri terkait pengalaman dalam menyusun dokumen akreditasi BAN-PT maupun pengalaman dalam memberikan asesmen di Perguruan Tinggi lain.

Tindak lanjut dari workshop ini diharapakan tim penyusun dokumen akreditasi BAN-PT dapat menyiapkan dokumen sesuai standar BAN-PT dan mengoptimalkan program pendampingan, yaitu lebih proaktif untuk berkonsultasi dengan asesor pendamping.

Add a comment
 

PELANTIKAN TERPADU PERWIRA TRANSPORTASI TAHUN 2018

   

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, melantik 2.472 perwira transportasi lulusan sekolah Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan upacara pelantikan terpadu perwira transportasi pada hari Kamis (20/9), bertempat di lapangan Monas, Jakarta Pusat .
Pada upacara ini Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan bertindak selaku inspektur upacara dan melantik sejumlah perwira transportasi melalui proses penyematan epolet dan pengalungan samir kepada perwakilan lulusan terbaik.
 
Para perwira transportasi yg dilantik terdiri dari 3 matra, yaitu Darat, Laut, dan Udara.

Matra Darat terdiri dari:
1. STTD Bekasi 343 lulusan 
2. PKTJ Tegal 108 lulusan
3. API Madiun 87 lulusan 
4. BPPTD Bali 43 lulusan 
5. BPPTD Palembang 54 lulusan

Matra Laut terdiri dari:
1. STIP Jakarta 308 lulusan
2. PIP Semarang 217 lulusan 
3. PIP Makasar 84 lulusan 
4. POLTEKPEL Surabaya 235 lulusan 
5. BP2IP Sorong 164 lulusan 
6. BP2IP Tangerang 87 lulusan 
7. BPPP Minsel 52 lulusan

Matra Udara terdiri dari:
1. STPI Curug 251 lulusan 
2. POLTEKPENERBANG Surabaya 202 lulusan 
3. ATKP Makassar 115 lulusan 
4. ATKP Medan 86 lulusan 
5. BPPP Banyuwangi 35 lulusan 


Acara pelantikan ini juga di meriahkan dengan penampilan kolaborasi kolosal rampak gendang dan drumband gabungan dari para taruna dan taruni sekolah tinggi dibawah kementrian perhubungan, dan penampilan kolaborasi kesenian ini juga mencatatkan rekor di MURI sebagai penampilan dengan peserta terbanyak.   

 

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 7 dari 115

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id