STIP Jakarta

Jumat, 23 Februari 2018 20:52

Berita Utama

Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Oleh Ketua STIP Jakarta

 (9/11) Pada hari kamis ini  Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH di Auditorium membuka “Diklat Pemberdayaan Masyarakat” yang diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari kawasan Belitung Timur. Dalam acara ini hadir pula pejabat STIP diantaranya Puket I Dr. Capt. Mugen S., M.Sc, Puket II Capt. Jaja Suparman, MM  dan  Ka. BAAK Capt. Supendi, M.MTr , dan  Kapus P3M Pande Irianto Subandrio S, MM.  Adapun jenis diklat yang akan diikuti oleh peserta diklat yaitu :

 

  1. Diklat BST                         = 8 Hari
  2. Diklat  AFF                        = 4 Hari
  3. Diklat  SAT                        = 1 Hari
  4. Diklat Rating Navigation      = 25 Hari
  5. Diklat  Rating Engineer       = 25 Hari

 

Ketika sudah mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat dalam bidang ilmu kelautan maka peserta akan mendapatkan Buku Pelaut dari Syahbandar. Dalam kesempatan yang sama pula Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH memberikan sambutannya yang berisikan bahwa diharapkan peserta yang mengikuti diklat ini agar dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik sehingga sepulang dari STIP nantinya dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan untuk membantu pemerintah dalam membangun kawasan Belitung Timur khususnya yang berhubungan dengan laut.

Add a comment
 

FGD DENGAN TEMA NILAI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

Rabu (08/11), Dalam rangka program pembinaan karakter dan pengarahan bagi taruna/i STIP, pejabat struktural/fungsional STIP dan dosen STIP dilakukan Forum Grup Discussion (FGD) dengan tema “ NILAI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA”  Nara Sumber Ambassador Dewa Made Juniarta Sastrawan,SE.,MA  selaku staff khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Internasional di ruang Auditrorium STIP Jakarta.

Nara sumber yang didampingi langsung oleh Ketua STIP, Capt. Sahattua P.Simatupang,MM.,MH memberikan tambahan wawasan secara Internasional berdasarkan materi dan pengalaman kerja bapak DM Juniarta Sastrawan.

Materi yang di bagi bermula dari Pidato Presiden Indonesia , Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Dilanjutkan dengan sejarah kemaritiman Indonesia secara empiris dan histori di sampaikan oleh bapak Ambassador dengan presentasi sederhana namun berbobot.

Add a comment
 

Kerjasama Antara Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Dengan Universitas Malaysia Terengganu (UMT) - Malaysia

Pada hari Minggu (05/11), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta kedatangan tamu  dari University Malaysia Terengganu  (UMT) Malaysia yaitu calon peserta diklat Radar Simulator berjumlah 10 orang yang akan duduk sebagai peserta diklat di STIP Jakarta periode 06 s.d 10 November 2017.

Rombongan Peserta Diklat Dari University Malaysia Terengganu (UMT) yang dipimpin oleh Mr.Hafiz  tiba bersama 9 (sembilan) orang lainnya pada pukul 10.00 WIB dan di sambut secara hangat oleh Pembantu Ketua I STIP , Dr.Capt. Mugen Sartono,M.Sc  mewakili Ketua STIP Jakarta, Ka.Sub.Div. Pengembangan & Kerjasama ,Vidya Selasdini,S.SiT.,M.MTr, dan Tim Perwira Jaga Minggu, 05 November 2017 di Ruang Maritim STIP. Adapun kesepuluh peserta tersebut , satu diantaranya adalah wanita dan sisanya pria.

Acara dimulai degan ramah tamah yang berjalan santai dan penuh rasa kekeluargaan, di lanjutkan pemutaran Video Profile baik dari STIP dan UMT.

Diklat Radar Simulator adalah diklat yang lebih mengutamakan praktek dan terdiri dari beberapa pelatihan yang dilakukan pada sebuah radar simulator dengan dua atau lebih “own ships” dan beberapa lainnya yang di kontrol oleh Instructor. Setiap pelatihan bersangkutan dengan pengamatan setiap pergerakan kapal yang terlihat dalam radar, mengenali penyebab bahaya tabrakan dan mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya tabrakan. Dari Calon diklat menjadi peserta diklat dengan di buka nya Diklat Radar Simulator ini secara resmi pada tanggal 06 Novemver 2017 di Gedung Agung Gumelar oleh Kepala Divisi Pengembangan Usaha, Abdul Rochman,MM, Ka.Sub.Div. Pelayanan Diklat Pelaut,  Buswan,M.Pd dan Kanit Sarana Praktek Laut Capt. Boyke Aries S, MM yang juga instruktur pada pelatihan diklat ini.Sertifikat yang nantinya diterbitkan oleh STIP merupakan sertifikat offline yang hanya digunakan terbatas.

Add a comment
 

KONSINYERING PENGEMBANGAN MATERI UJI KOMPETENSI LSP STIP

Konsinyering Pengembangan Materi Uji Kompetensi dilaksanakan dari tanggal 01 – 03 November 2017 di hotel Fave Bogor dan dibuka oleh Ketua STIP, Capt.Sahattua P.Simatupang, MM.,MH.

Lembaga Sertifikasi Profesi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran , bersertifikasi lisensi No : BNSP-LSP-682-ID bertujuan melengkapi para calon pekerja dan pekerja di bidang jasa kepelabuhanan dan angkutan laut dengan sertifikat jabatan yang berlaku di dalam dan di luar negeri sehingga diperlukan konsinyering dalam rangka pengembangan materi Uji Kompetensi agar kompetensi lulusan STIP yang tersertifikasi memiliki kompetensi dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan dunia pelayaran yang sangat berkembang pesat.

Pelaksanaan kegiatan ini di tutup secara singkat oleh Pembantu Ketua II, Dr. Capt.Jaja Suparman,MM.

Add a comment
 

Launching Buku “Facing Word Maritime Fulcrum ( Menyongsong Poros Maritim Dunia ), Between Threats dan Oportunities ( Di Antara Ancaman dan Peluang )”

Selasa (31/10) Ketua STIP Jakarta, Capt. Sahattua Simatupang, M.M., M.H. hari ini menghadiri peluncuran serta bedah buku yang berjudul “Facing Word Maritime Fulcrum ( Menyongsong Poros Maritim Dunia ), Between Threats dan Oportunities ( Di Antara Ancaman dan Peluang )” karya Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana Muda TNI Aan Kunia, S.sos.

Acara yang berlangsung di Aula Yos Sudarso Mako Koarmabar ini dihadiri pula oleh beberapa pejabat TNI / Polri , dan para mantan Kepala staf Angkatan Laut , Kalangan Akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri serta mengundang beberapa perwakilan beberapa perwakilan Siswa Sesko TNI.

Buku ini membahas tentang posisi strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dimana Indonesia harus tetap kokoh dalam menghadapi berbagai ancaman (threats) sekaligus bisa memanfaatkan berbagai peluang (opportunities) yang ada. Dimana dalam upaya pencapaianya, ada lima pilar yang diharapkan menjadi lokomotif pengerak komponen bangsa, yaitu membangun budaya maritim, menjaga dan mengelola sumber daya maritim, membangun konektivitas maritim, memperkuat diplomasi maritim dan terakhir adalah membangun kekuatan pertahanan maritim. Panglima Armabar dalam bedah buku menyatakan bahwa "KUNCI KEBERHASILAN ADALAH SYNERGITAS".

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 9 dari 91

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id


Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@dephub.go.id



imo

 


Web Analytics