STIP Jakarta

Rabu, 14 November 2018 18:37

Berita Utama

Acara Sosialisasi Prosedur MCU Pelaut di STIP Jakarta

Sebagai tindak lanjut terbitnya sertifikat approval dari Dirjen Hubla untuk Klinik Utama STIP sebagai penguji kesehatan pelaut, maka pada hari Kamis, 6 September 2018 bertempat di Ruang AVA STIP, telah dilaksanakan sosialisasi prosedur MCU pelaut. Pembicara pada acara ini adalah tim dari BKKP, terdiri dari dr. Lian Indriani sebagai Kasie Kesehatan Lingkungan Kerja Pelayaran yang mewakili Kepala BKKP, dr. Mugi Pranendya, dan Rita Novery SE. Acara dibuka oleh KBKAU yang mewakili Ketua STIP, serta dihadiri oleh tim manajemen STIP yakni Kasubbag TU & Kepegawaian, Kasubbag Program & Pelaporan, Kadiv Pengembangan Usaha, Kanit Ijazah & Sertifikat, Kanit Kesehatan, Penanggungjawab Klinik Utama beserta dokter dan paramedis yang menjadi pelaksana MCU.

Pada sosialisasi ini disampaikan bahwa MCU dapat dilaksanakan setelah mengikuti bimbingan teknis Sistem Informasi Sertifikasi Kesehatan Pelaut Indonesia (SISKESPI) serta uji kompetensi dokter penguji kesehatan pelaut, yang diselenggarakan oleh BKKP. Diuraikan dengan jelas bagaimana prosedur pelaksanaan MCU sampai sertifikat kesehatan diterbitkan, mencakup pemesanan blanko sertifikat, buku saku kesehatan dan catatan medis, penginputan data melalui SISKESPI, penerbitan sertifikat, serta poin penting terkait wawancara medis dan pemeriksaan fisik, mata, THT, laboratorium, radiologi, EKG, serta pemeriksaan lain jika diperlukan berdasarkan indikasi. Disampaikan pula kategori penggolongan hasil pengujian dan penilaian tingkat kesehatan yang dituangkan dalam buku catatan medik serta buku saku. Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan diskusi untuk menjawab berbagai pertanyaan dari peserta yang hadir, termasuk pembahasan cara menangani masalah yang mungkin timbul selama pelaksanaan MCU. Pada pukul 12.30, acara ditutup dengan ramah tamah dan makan siang bersama.

Add a comment
 

Kegiatan Diklat DPM di Natuna Kepri

Kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) berlangsung di Natuna tepatnya di Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Ranai Kabupaten Natuna Provinsi Kepri. Diklat ini terlaksana berkat kerjasama Antara STIP, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA) dan Pemkab Natuna. Kegiatan berlangsung dari tanggal 28 s/d 30 Agustus 2018 dan dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna, Bapak Drs. A. Hamid Rizal, M.Si yang didampingi oleh Direktur BAKAMLA bidang kerjasama yaitu Dadek Rustandar dan juga disaksikan oleh para pejabat STIP.


Peserta pada kegiatan ini berjumlah 107 orang dengan kehadiran sebesar 95 orang dan 12 orang tidak menghadiri kegiatan DPM tersebut.
Dalam pelaksanaan kegiatan DPM, hari pertama dan kedua diisi dengan pembelajaran teori dan praktek mengenai Medical Aid dan hari ketiga merupakan peserta mendapatkan pelatihan teknik pemadam kebakaran di kapal ataupun di darat yang dilanjutkan dengansimulasi keselamatan diri di laut. Pelatihan hari terakhir ini dilaksanakan di Dermaga Pulau Akar, tidak jauh dari Desa Maritim Cemaga.

Add a comment
 

Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Instrumen Re-Akreditasi Program Studi Nautika, Teknika, Dan Kalk STIP Jakarta 2018

Dalam rangka meningkatkan kualitas akreditasi program studi di STIP Jakarta, maka pada tanggal 30 Agustus – 1 September 2018 diadakan “Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Instrumen Re-Akreditasi Program Studi Nautika, Teknika, Dan Kalk” di Hotel Ibis Style Sunter. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kiat-kiat dalam menyusun dokumen akreditasi BAN-PT.

Agenda Workshop kali ini dibuka oleh Ka. BAAK Capt. Supendi, M.MTr selaku perwakilan dari Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, MM. Pada kesempatan ini pula telah hadir sebagai narasumber dari BAN-PT Aprizal, S. Kom untuk dapat berbagi kiat-kiat sukses dalam penyusunan dokumen akreditasi program studi. Peserta workshop kali ini adalah Jajaran Bagian Administrasi Akademik, Bagian Tenaga Pendidikan, Pusat Penjaminan Mutu, Unit Sistem Informasi Manajemen, Unit Pangkalan Data Perguruan Tinggi, dan dosen.

Berdasarkan pemaparan materi akreditasi prodi yang disampaikan oleh narasumber dari BAN–PT Aprizal, S.Kom, para peserta workdshop lebih memahami tahapan penyusunan dokumen akreditasi prodi dimana harus memperhatikan kesesuaian data dosen setiap prodi, pengecekan similitary dokumen evaluasi diri yang tidak lebih dari 30% serta tahapan upload berkas di Sistem Sapto Online.

Secara umum, kegiatan workshop in berjalan lancer dan pesera antusias dalam mengikuti paparan materi dari narasumber serta memberikan pertanyaan dalam sesi diskusi. Banyak praktek baik yang disampaikan oleh pemateri terkait pengalaman dalam menyusun dokumen akreditasi BAN-PT maupun pengalaman dalam memberikan asesmen di Perguruan Tinggi lain.

Tindak lanjut dari workshop ini diharapakan tim penyusun dokumen akreditasi BAN-PT dapat menyiapkan dokumen sesuai standar BAN-PT dan mengoptimalkan program pendampingan, yaitu lebih proaktif untuk berkonsultasi dengan asesor pendamping.

Add a comment
 

Klinik Utama STIP sebagai Penguji Kesehatan Pelaut

Perjalanan Panjang menuju Klinik Utama STIP sebagai Penguji Kesehatan Pelaut

Sejak timbulnya keinginan agar Klinik STIP bisa melaksanakan pengujian kesehatan pelaut, dimulailah suatu perjalanan panjang yang berliku. Hal ini bersumber dari ketentuan STCW 1978 amandemen Manila 2010 serta MLC 2006, yakni bahwa penerbitan/perpanjangan dokumen identitas pelaut hanya dapat dilakukan setelah memenuhi persyaratan kesehatan yang dinyatakan dengan sertifikat kesehatan resmi yang dikeluarkan oleh Ditjen Hubla Kemenhub. Agar dapat melakukan pengujian dan sertifikasi kesehatan tersebut, Klinik STIP harus mendapat pengakuan resmi (approval) dari Ditjen Hubla dan mengubah izin operasional yang saat itu masih klinik pratama menjadi klinik utama, sesuai Permenhub No 70 tahun 2013. Klinik utama tentu saja memiliki persyaratan tertentu sesuai Permenkes No 9 tahun 2014, dengan membuat pengajuan ke Pemda setempat.

Proses pengajuan tenaga medis tambahan dan sarana prasarana dimulai pada pertengahan tahun 2014, dan penambahan dokter, perawat, analis laboratorium, apoteker, serta alkes EKG, rontgen, audiometri terealisasi pada akhir tahun yang sama. Tahun 2015 adalah tahun renovasi, dimana dengan keterbatasan luas bangunan Klinik STIP, harus dibuat pembagian untuk ruang mata, THT, serta ruang rontgen berlapis timbal untuk mencegah paparan radiasi. Kesulitan utama muncul sepanjang tahun 2016-2017 saat melengkapi berkas pengajuan ke Pemda, karena tim medis klinik harus bergelut antara tugas pelayanan terhadap taruna maupun peserta diklat, dengan usaha mengumpulkan dokumen administrasi berupa akta notaris pendirian STIP, IMB, KRK, sertifikat tanah, dokumen lingkungan (AMDAL), surat RT RW dan persetujuan tetangga, mengurus izin gangguan (UUG), dan banyak dokumen penting lainnya. MoU dengan RS rujukan sempat terkendala, karena dari beberapa RS di Jakarta Utara dan Bekasi, hanya RSUK Cilincing yang merespons baik serta bersedia menjadi RS rujukan. Bukan hal yang mudah pula menentukan dokter spesialis penanggungjawab maupun menemukan radiografer khusus bersertifikat petugas proteksi radiasi (PPR) termasuk pengurusan izin ruang radiasi ke Bapeten, namun setelah beberapa visitasi dari Pemprov DKI melalui Sudinkes Jakarta Utara, akhirnya terbitlah izin operasional Klinik Utama STIP pada tanggal 10 November 2017.

 

Dengan keluarnya izin klinik utama, pada awal tahun 2018 dibuatlah pengajuan ke Dirjen Hubla. Setelah beberapa konsultasi dan visitasi oleh tim dari BKKP, sertifikat approval terbit pada tanggal 9 Juli 2018. Perjalanan panjang ini menjadi kebanggaan tersendiri, bahwa dengan kerja keras serta kekompakan, niat baik niscaya akan membuahkan hasil yang baik pula.

Add a comment
 

Pisah sambut Ketua Dewas STIP Jakarta

(31/08) “Ada yang datang dan ada yang pergi. Ada masanya memulai tugas, dan akan ada masanya suatu saat nanti untuk mengakhiri semua itu”.  Pada hari ini 31 Agustus 2018 telah dilaksanakan acara "Pisah Sambut Ketua Dewan Pengawas STIP Jakarta" dari Laksmana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, M.M periode 2016 – 2018 kepada Ir. Sugeng Wibowo, M.M periode 2018 - 2020. Acara pisah sambut kali ini dilaksanakan secara seremonial bertempat  di Auditorium STIP Jakarta dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak,MM dan para pejabat struktural dan fungsional serta seluruh pegawai  Civitas Akademika STIP Jakarta.

Acara diawali dengan Pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Perhubungan. Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum akhir jabatan Ketua Dewas STIP periode 2016 -2018 dan penyerahan memorandum kepada Ketua Dewas STIP yang baru 2018 – 2020 yaitu Ir. Sugeng Wibowo, M.M.

Dalam kesempatan ini Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, M.M memberikan penyerahan Piagam Penghargaan dan Cinderamata  atas Dedikasi Ketua Dewan Pengawas  periode 2016 – 2018 Laksmana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, M.M, kemudian dilanjutkan dengan pesan kesan Ketua Dewas yang lama periode 2016 – 2018 "Saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh civitas BPSDM Perhubungan khususnya STIP karena saya telah diberikan kesempatan mengabdikan diri saya dan bekerja bersama sama dengan bapak ibu semuanya, jujur sangat berat sekali rasanya berpisah dengan lembaga ini (STIP) karena di sini saya merasakan laksana sebuah keluarga di atas kapal, sangat solid sangat hangat ,dan terasa sekali kebersamaan di tempat ini,namun tugas lain pula yang memisahkan kita . Karena saya harus melaksanakan tugas baru saya di daerah Kalimantan, mohon doanya agar saya dapat melaksanakan tugas baru saya ini dengan lancar dan baik, dan saya juga menyampaikan permohonan maaf jika selama saya bertugas ada hal - hal yang kurang berkenan baik tutur kata saya ataupun perilaku saya yang dirasa kurang berkenan, akhirnya kita berdoa bersama semoga dengan keberadaan pengganti saya (Dewas yang baru) STIP akan semakin maju terbangun kerjasama yang semakin solid dan terus dapat berbuat yang terbaik."

dan sambutan dari  Ketua Dewas STIP Jakarta periode 2018 – 2020 Ir. Sugeng Wibowo, M.M

"Saya selaku ketua dewas yang baru berharap dapat meneruskan apa yang sudah dilaksanakan dan melanjutkan semua program yang telah dibuat oleh pendahulu saya. Saya sangat mengagumi pendahulu saya ini dan tentunya kami pun sudah lama saling berdampingan dalam berbagai kegiatan ,saya sangat optimis dalam tugas baru saya ini dan tentunya dengan dukungan dari anggota dewas yang lainnya, Dan saya juga mohon dukungan dari seluruh civitas STIP agar dapat terus memajukan BLU STIP dengan mengembangkan dan meningkatkan  pelayanan di STIP.

Usai selesai acara sambutan dilanjutkan dengan pembacaan Doa serta Ramah Tamah dengan seluruh Civitas Akademika STIP Jakarta.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 10 dari 115

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id