STIP Jakarta

Kamis, 17 Januari 2019 07:42

Berita Utama

SHOLARSHIP AWARD CEREMONY FROM POS SM

(02/10) Hari ini telah dilaksanakan kegiatan penyerahan beasiswa dari PT. Jasindo Duta Segara ke Taruna STIP Jakarta serta pelaksanaan recruitment cadet tahun 2019. Acara kali ini dimulai dengan penyambutan tamu oleh Ketua STIP, Capt. Marihot Simanjuntak,MM dan jajarannya kepada PT Jasindo Duta Segara yaitu :
-Mr.Shin, Jun Keon sebagai General Manager Of  POS SM,
- Mr. Jang, Sunyoung sebagai Asisstant Manager Of POS SM,
- Mr. Gu Se Hyong sebagai Marketing Director PT.Jasindo Duta Segara, serta
- Mr. Rizky sebagai staff recruitment cadet PT. Jasindo Duta Segara.
Melalui tim jajaran kehormatan, para tamu undangan di arahkan ke Ruang Maritim untuk menikmati jamuan welcome drink yang telah disediakan.

Pelaksanaan ceremony sendiri dilakukan di ruang AVA STIP Jakarta, dimulai dari perkenalan tamu dari PT Jasindo Duta Segara di hadapan para dosen, pejabat struktural/fungsional STIP serta para taruna, yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan pejabat STIP kepada para jajaran PT. Jasindo Duta Segara. Pemberian beasiswa kepada taruna STIP Jakarta diserahkan secara langsung oleh General Manager POS SM Mr. Shin, Jun Keon. Adapun nama nama taruna yang mendapat beasiswa periode join 2017-2018 adalah :
1. Taruna Esra Sembiring Jurusan Nautika,
2. Taruna Denny Alphard Wardhana Jurusan Nautika,
3. Taruna Said Kemal Hasan Jurusan Nautika,
4. Taruna Abrorizki Geraldy Aulia  Jurusan nautika
5. Taruna Amsalova Simanjuntak Jurusan Teknika,
6. Taruna Adrian Ivandi Jurusan Teknika,
7. Taruna Giant Permades Jurusan Teknika,
8. Taruna Dadung Mahardika Jurusan Teknika.

 
Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua STIP Jakarta, Capt. Marihot Simanjuntak, MM. Dalam sambutannya, Ketua STIP mengucapkan terima kasih kepada POS SM dan PT. Jasindo karena telah memberikan beasiswa kepada taruna STIP Jakarta. Beliau juga mengharapkan agar kerjasama yang telah terjalin antara STIP Jakarta dengan POS SM dan PT. Jasindo dapat lebih erat. Kemudian untuk para taruna yang menerima beasiswa, Ketua STIP mengucapkan selamat atas prestasi mereka dan berpesan agar tetap melakukan yang terbaik.

Setelah acara pemberian beasiswa dari POS SM, di lanjutkan dengan interview  bagi cadets yang akan join pada tahun dengan 2019-2020 tepatnya angkatan 60. Materi penilaian interview meliputi self introduction, speak english fluently, motivation, target to be sailor, attitude. Proses interview ini dilakukan langsung oleh General Manager POS SM dan Assistance manager POS SM Cadet yang terpilih menjadi cadet POS SM memiliki peluang karis yang baik dan berpeluang mendapatkan beasiswa juga.
Add a comment
 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018

Tanggal 1 Oktober merupakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Salah satu peristiwa yang melepaskan Negara Indonesia dari pemberontakan G30S/PKI yang menewaskan para jenderal terbaik di Indonesia. Untuk mengenang jasa pahlawan dan mengingatkan kembali generasi penerus bangsa atas perjuangan para pahlawan dalam menegakkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, maka pada hari ini tepat 1 Oktober 2018 STIP Jakarta memperingati “Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018” di Lapangan Bintang STIP. Upacara peringatan “Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018” di STIP dipimpin oleh Inspektur Upacara Capt. Marihot Simanjuntak, MM dalam amanatnya menyampaikan bahwa upacara ini bertujuan untuk meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Pancasila merupakan hasil dari kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 01 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Dalam kesempatan yang sama Insperktur upacara Capt. Marihot Simanjuntak, MM juga menyampaikan Ikrar pada Hari Peringatan Pancasila, yang berbunyi : IKRAR Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya : bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia; bahwa rongongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekuranwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideolagi Negara; bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia; maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi kebutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta, 1 Oktober 2018 Atas Nama Bangsa Indonesia Ketua DPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A

      

Add a comment
 

Diklat Motivasi Pegawai

STIP merupakan sebuah lembaga penyelenggara pendidikan dibawah naungan Kementerian Perhubungan, dimana untuk mencapai visi misi dari STIP maka dibutuhkan SDM yang berkompetensi untuk saling bekerjasama dalam menjalankan tugas sehari-hari. Namun kegiatan yang rutin dikerjakan oleh pegawai sering kali menemukan titik jenuh / bosan, sehingga diperlukan sebuah kegiatan untuk bisa meningkatkan semangat bekerja. 

Pada hari sabtu ini tanggal 29 Oktober 2018, seluruh pegawai STIP mengikuti “Diklat Motivas” di Hotel Western Jakarta Utara. Pembukaan acara kali ini oleh Ka. BKAU Brenhard Mangatur Tampublon dilanjutkan dengan laporan Pelaksanaa Kegiatan oleh Ka. Subbag Tata Usaha dan Kepegawaian Capt. Saidal Siburian, MM., M. Mar. Tema pada diklat kali ini adalah “Teamwork with happiness creates success”, dimana pemateri pertama adalah Yana Chayana, M. Pd. Yana Chayana, M. Pd menjelaskan dan mengajak peserta diklat motivasi ini untuk memahami cara berpikir dan bekerjasama agar setiap agenda kerja dapat diselesaikan dengan bahagia. 

  

Dalam permainan Teamwork dan Relationship para pegawai dapat mengekspresikan cara menyelesaikan masalah dan diajarkan untuk membangun kerjasama yang baik antar individu ataupun kelompok. Dipenghujung acara para peserta mendapat materi “The Secret of Success” dari Parlindungan Marpaung, M.Psi, peserta diajak untuk releksasi mendengarkan sebuah renungan rohani. Dengan adanya diklat motivasi ini maka diharapkan ada semangat baru yang dapat memotivasi setiap pribadi pegawai STIP, agar dalam bekerja bisa saling menghargai, menghormati, dan membahagiakan.

 

 

 

Add a comment
 

Penerimaan Kembali Taruna/i STIP Angkatan LVIII usai Diklat Redisiplin Tahun 2018

 Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta diwakili oleh Pembantu Ketua 3, Soleh Uddin, M. M. menyambut dan memberikan ucapan selamat dan sukses kepada ratusan Taruna STIP di Lapangan Bintang setelah mengikuti Diklat Redisiplin, di Sentul, Jumat (28/09/2017). Mereka adalah Taruna/i STIP Jakarta yang baru menyelesaikan Praktik Laut (Prala) di kapal selama setahun. Sebelum mengikuti kegiatan belajar di kampus, mereka harus menjalani Diklat Redisiplin yang digelar di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di daerah Sentul, Bogor - Jawa Barat. 
 
Sekitar pukul 14.00 WIB sebanyak 301 Taruna dari Prodi Nautika, Teknika, dan KALK tiba kembali di Kampus daerah Cilincing Jakarta Utara itu. Kepala Unit Bimbingan Taruna, Hotman Tua C. H. Pangaribuan, S. SiT., M. M. bersama staf menyambut para taruna Usai Diklat Redisiplin di depan Gedung Utama Kampus STIP. Dengan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) khas Taruna transportasi, mereka dengan gagah dan tampan kembali masuk kampus dengan semangat dan pola pikir yang kembali fresh. Ratusan Taruna Pascaprala STIP itu siap kembali ke kampus dan melanjutkan proses perkuliahan untuk mendapatkan Ijazah Diploma IV bidang Pelayaran. Selanjutnya dilakukan Upacara Penyambutan dan diberikan ucapan selamat oleh Seluruh Unsur pimpinan dan staf ketarunaan STIP. Setiap Taruna STIP yang baru turun kapal harus mengikuti Diklat Redisiplin untuk mengembalikan Sikap, mental, perilaku Taruna setelah lama meninggalkan kampus. Setelah itu, mulai semester genap Tahun ajaran 2018/2019 ini mereka akan kembali belajar di Kampus sambil menyelesaikan tugas akhir yang diperoleh dikapal dan diujikan.
 
 
 
Add a comment
 

Diklat Madatukar Catar Catir BPSDM 2018

 

Sebanyak 2656 Calon Taruna Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan Tahun Ajaran 2018/2019 berkumpul di Balai Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Karakter (BP3K) Ciwidey untuk melaksanakan Masa Dasar Pembentuk Karakter (MADATUKAR) selamat 14 hari kedepan.

Dari jumlah tersebut, meliputi 2030 pria dan 584 wanita. Mereka adalah Putra-putri Terbaik Indonesia yang lolos Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Pola Pembibitan Tahun 2018.

STIP Jakarta tercatat paling banyak mengirimkan Catar yaitu 389 Orang disusul STPI  sebanyak 349 serta STTD berjumlah 300 orang.



Diklat Madatukar 2018 telah secara resmi dibuka oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M. Si senin (24/09/2018). Turut hadir para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan BPSDMP dari seluruh Indonesia, antara lain Ketua STIP Jakarta, Ketua STTD Bekasi, PIP Semarang, PIP Makassar, Poltekpel Surabaya, BPPTD Bali, dll.

Dalam kesempatannya, Ibu Kepala BPSDMP beramanat :
"Pembukaan Diklat Madatukar ini diharapkan dapat membentuk Seluruh Peserta menjadi pribadi yang Prima, Profesional, serta Beretika, sehingga menciptakan Generasi Penerus terbaik di Tahun 2050."

Dihadiri pula Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, M. Sc. (ENG) selaku perwakilan pusat untuk melengkapi penyelenggaraan kegiatan tahunan tersebut.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 10 dari 119

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id