STIP Jakarta

Jumat, 23 Februari 2018 20:52

Berita Utama

Seminar sehari hasil penelitian dosen STIP

Selasa (31/10) STIP melalui pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat melaksanakan kegiatan seminar sehari dengan tema “Kajian Motivasi Penelitian Dosen Serta Peran Aktif Perempuan Dalam Industri Pelayaran Guna Meningkatkan Keterampilan SDM Yang Handal Dan Profesional”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan  pemaparan  dari beberapa hasil penelitian para dosen STIP. Kegiatan seminar yang dibuka oleh Puket 1, Dr. Capt. Mugen Sartoto ini dilaksanakan  di ruang AVA STIP dan berlangsung selama satu hari.

Ada 5 topik yang akan dipaparkan pada seminar hari ini, antara lain  “Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayaran Di Terminal Penumpang Pelabuhan Tenau Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur” dengan pembicara Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H., April G. Malau, S.Si., M.M., Larsen Barasa, S.E., M.MTr., Ir. Theo J. Frans Kalangi, M.T. dan “Kesadaran Gender Pelajar Perempuan Dalam Industri Pelayaran” dengan pembicara Purnama N.F. Lumban Batu, M.Hum., Laila Puspita Sari, M.Pd., Capt. Pujiningsih, M.MTr.

Dalam sambutanya, Puket 1 mengharapkan agar dari hasil seminar penelitian ini nantinya dapat  meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seluruh peserta yang hadir baik dosen maupun peserta didik lainnya.

Add a comment
 

Giat Sarasehan Dan Motivation Training Ka. UPT Badan PSDM Perhubungan Di Hotel Best Western Premier The Hive Cawang

Acara yang digelar dalam rangka mendengarkan pendapat atau saran dari seorang ahli dalam bidang tertentu atau motivator untuk memecahkan atau menuntaskan masalah yang terjadi atau meningkatkan semangat berupa inspiratif ide, wawasan, gagasan maupun inovasi.Sarasehan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan - Kementerian Perhubungan di hadiri oleh seluruh Kepala UPT  beserta ibu di bawah pembinaan Kepala badan PSDM Perhubungan.

 

 

Dimulai dengan makan malam bersama diiringi hiburan dari Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Transportasi darat (STTD) Bekasi, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Sekretaris Badan Pengembangan SDM Perhubungan Moh.Yugi Hartiman dan sambutan ketua panitia penyelenggara yaitu Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr.Ir. Joko Sasono. Acara utama yaitu motivasi dari Louis Sastrawijaya bertema “ Successful Career And Happy Family” di sampaikan Bahwa  Dahulu Dunia Percaya Us Dan Soviet adalah negara adidaya, saat ini China ternyata bergerak maju cepat dan dalam dunia pelayaran menempati urutan teratas dari segi jumlah pelaut terbanyak.

 

Prediksi apapun yang diberitakan saat ini masih bisa berubah. Indonesia pun berpotensi menjadi negara besar. Yang perlu diperhatikan oleh kita bersama adalah sbb :

  1. Memiliki gratefulness atau rasa bersyukur,
  2. Memiliki generosuty atau keinginan untuk saling berbagi,
  3. Memiliki potensi diri untuk memaksimalkan inner resources atau kemampuan diri yang besar dan didukung outer resources atau sumber daya eksternal yang besar secara bersamaan bila memungkinkan,
  4. Memiliki sikap positif kepada orang lain dan pasangan kita,
  5. Bisa memahami dan bisa dipahami secara bersamaan,
  6. Mau mendengar lebih banyak,
  7. Memiliki passion dalam bentuk ambisi atau keinginan yang didukung dengan visi atau pandangan jauh kedepan,
  8. Menguasai Teknologi Informasi dan Sistem Informasi dengan latar belakang Industri primer, sekunder dan tertier,
  9. Memiliki mindset dalam berkomunikasi yang terefleksi dalam perkataan dan tindakan,
  10. Tidak bersikap blame frame atau mencari-cari kesalahan,
  11. Memiliki sikap outcome frame atau berorientasi mencari solusi,
  12. Memiliki kemampuan perceptual position technique atau melihat berbagai hal baik permasalahan atau pekerjaan dan tantangan dari berbagai sudut pandang.

Semakin larut semakin peserta Sarasehan bersemangat  berkumpul bersama dengan iringan  band Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dan bernyayi dalam kebersamaan.

Add a comment
 

29th IMLA - International Maritime English Conference

The International Maritime English Conference adalah suatu forum diskusi terbuka yang membahas tentang masalah komunikasi terkait laut dan mengenai bahasa yang diterima secara universal, yaitu bahasa Inggris Maritim. The International Maritime English Conference, dilaksanakan pada 23 Oktober 2017 hingga 26 Oktober 2017 di Korea Institute of Maritime Fisheries Technology & Korea Maritime and Ocean University di Busan, Korea.

IMEC menyediakan forum global untuk para pengajar dan semua pihak lain yang tertarik untuk belajar, mengajar, dan penggunaan bahasa Inggris Maritim. sejak pendiriannya IMEC telah menyelenggarakan 28 konferensi di seluruh dunia, diantaranya Hamburg, Germany, 1981; St. Malo, France, 1983; La Spezia, Italy, 1985; Plymouth, UK, 1987; Cadiz, Spain, 1989; Lisbon, Portugal, 1991; Amsterdam, Netherlands, 1993; Gdynia, Poland, 1995; Malm, Sweden, 1997; Shanghai, China 1998; Rijeka, Croatia, 1999; Dalian, China 2000; Varna, Bulgaria, 2001; Qingdao, China, 2002; St Petersburg, Russia, 2003; Manila, Philippines, 2004; Marseille, France, 2005; Rotterdam, Netherlands, 2007; Shanghai, China, 2008; Szczecin, Poland, 2009; Alexandria, Egypt, 2010; Constanta, Romania, 2011; Yangon, Myanmar, 2012; Istanbul, Turkey, 2013; Terschelling, Netherlands, 2014; Johor, Malaysia, 2015; Gothenburg - Sweden, 2016.

  

Pada kesempatan kali ini, STIP mengirimkan  perwakilannya yaitu Kepala Unit Bahasa Tristanti, SS, M.Pd dan Nancy Lumban Batu. Pada acara ini, STIP juga mengirimkan beberapa paper. Paper yang disubmit dalam acara ini antara lain, A Path Leading to Sea Development (Mujgan Ozeniir, Jane Magallon, Tristanti Agasta), Maritime Cadet’s Interest in Accessing YouTube, Wikipedia and Pinterest For Improving Their English Competency (Tristanti Agasta, Antoni Arif Priadi, Sari Kusumawati) dan The Plural of Ancedote is Not Data - A Study on Different World Views helds by Asian and European Students of Nautical Sciences (Peter Bjorkroth, Nancy Lumban Batu, Peter Jhon). Dengan paper ini diharapkan dapat menambah koleksi jurnal internasional yang dimiliki oleh STIP Jakarta.

 

 

 

Add a comment
 

Coffe Morning STIP Tahun 2017

Coffee Morning STIP Jakarta 2017, Kamis 26 Oktober 2017 bertempat di Hotel Holiday Inn - Kemayoran Jakarta. Event tahunan yang di laksanakan oleh STIP Jakarta di bawah koordinasi Divisi Pengembangan Usaha bertujuan menciptakan dan membangun hubungan serta silaturahmi menjalin kerjasama di bidang pendidikan pelayaran maupun lapangan kerja dunia kemaritiman Indonesia.

Coffee Morning di buka oleh Ketua STIP Jakarta, Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH di hadiri perusahaan pelayaran/instansi kemaritiman sebanyak 105 peserta. Sambutan dengan tema" Pandangan Dunia Terhadap Pelaut" yang di sampaikan oleh Ketua STIP sangat membuka mata, hati, pikiran dan perasaan peserta Coffee Morning untuk lebih bersatu maju bersama memajukan dunia pendidikan maupun pelayaran kemaritiman indonesia dengan antusiasnya sesi tanya jawab yang begitu aktif. Selain itu, STIP juga mempromosikan beberapa diklat terbaru yang di sampaikan oleh Kepala Divisi Pengembangan Usaha, Abdul Rochman, MM termasuk pengenalan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) STIP Jakarta yang di paparkan oleh Direktur LSP, Dr. Ir. Desamen Simatupang, SE., MM

Diakhir acara dilakukan pemberian penghargaan dan apresiasi kepada beberapa pengguna jasa dan mitra STIP yang selama ini telah bekerjasama secara baik. Adapun daftar mitra yang menerima penghargaan dari manajemen STIP sebagai berikut ini:


1. PT. Jasa Armada Indonesia
2. Mitsui O.S.K Lines
3. Akademi Maritim Djadajat
4. PT. Abadi Mandiri International
5. Anthony Veder
6. Benline Agencies
7. PT. Korin Global Mandiri

Add a comment
 

Penyuluhan Teknis Pengukuran Kapal Bagi Pemangku Kepentingan Di Wilayah Jakarta utara

 

Pusat penelitian dan pengabdian masyarakat (P3M) STIP melaksanakan kegiatan penyuluhan mengenai pembinaan dan pengembangan pelayaran rakyat bagi pemangku kepentingan di Wilayah Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Kegiatan yg berlangsung selama dua hari ini di mulai pada tanggal 24 s/d 25 Oktober 2017. Kegiatan yg dibuka oleh Kepala Pusat P3M Pande Irianto Subandiro Siregar, M.M. ini di ikuti oleh 45 peserta yang berasal dari pemangku kepentingan pelayaran rakyat di Wilayah Jakarta  Utara dan Kepulauan Seribu. Dalam sambutanya beliau mengharapkan  agar kegiatan ini dapat membantu semua para petugas pelaksana kepentingan dilapangan sehingga lebih terampil dalam melaksanakan tugasnya. Materi yang diberikan oleh para penyuluh diantaranya adalah Teori dan praktek secara teknis dalam pelaksanaan pengukuran kapal.

 

Diakhir acara ini para peserta diberikan kesempatan menyampaikan  pesan dan kesan, dan dari perwakilan peserta mengharapkan  agar kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan tentunya dengan materi yang berbeda agar dapat menambah wawasan bagi para peserta. Dikesempatan acara penutupan ini juga  KSOP Muara Angke Capt. Wahyu memberikan penghargaan yang setinggi tinggi atas terselenggaranya  kegiatan penyuluhan ini. Dan akhirnya seluruh kegiatan ini ditutup oleh Kepala Pusat P3M Pande Irianto Subandiro Siregar, M.M.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 10 dari 91

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id


Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@dephub.go.id



imo

 


Web Analytics