STIP Jakarta

Jumat, 23 Februari 2018 21:09

Berita Utama

Pembukaan AMI I Tahun 2018

(05/02) Pada hari ini telah dilaksanakan agenda “Pembukaan Audit Mutu Internal (AMI) I” di Ruang Ava STIP, dengan ada acara ini diharapkan Liaison Office (LO) perwakilan setiap unit-unit akan dapat memahami alur proses audit internal yang berlaku di STIP sesuai prosedur penjaminnan mutu yaiti ISO 9001 : 2008. Dalam agenda ini pula hadir Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH, Kapus Penjaminan Mutu Lili Purnamasita, S.SiT., M.MTr, Kepala Unit Monitoring & Audit Akhmad Kasan Gupron, S.S.,M.Pd, pejabat struktural dan fungsional, dan para auditor & laison officer (LO).

Pada kesempatan yang sama Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH memberikan sambutannya yang berisikan bahwa untuk mendukung terwujudnya visi dan misi STIP maka peran auditor dan liaison officer (LO) sangat penting, maka dari perlu memahami ISO 9001:2008 sebagai acuan penjaminan mutu.

Add a comment
 

KETUA STIP DIANUGERAHI PEMIMPIN INSPIRATIF 2018 VERSI 7SKYMEDIA

 Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Capt. Sahattua P. Simatupang, MH, dianugerahi penghargaan Apresiasi Pemimpin Pembawa Perubahan dalam kategori Pemimpin Inspiratif 2018 versi 7SkyMedia pada Jumat (2/2) di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung, Jawa Barat yang dihadiri oleh wakil Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung. 

Sejak menjabat menjadi Ketua STIP, Capt. Sahattua dinilai fokus pada peningkatan mutu STIP dalam menciptakan SDM yang berilmu, kompeten, serta profisiensi yg mumpuni di bidang pelayaran niaga. Proyek Perubahan yang digagasnya mendapat dukungan penuh dari Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Djoko Sasono dan pimpinan Kemenhub lainnya serta mayoritas stakholders. Proyek ini menjadi proyek yang menyatukan seluruh elemen di STIP untuk bersinergi menjadikan STIP menjadi lembaga pendidikan di bawah Kementerian Perhubungan yang menerapkan kebijakan pola pembinaan pendidikan tinggi pelayaran berkarakter industri berkelas dunia di lingkungan kampusnya.

Inovasi yang dilakukan tersebut tersebar merata baik dari segi infrastruktur, pengembangan secara sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan akademik, pengembangan sistem teknologi informasi moderen untuk pengawasan di dormitory dan komunikasi secara internal dan eksternal serta sistem manajemen moderen untuk mutu pelayanan, keselamatan dan  keamanan serta perlindungan lingkungan berorientasi kepada standar industri pelayaran niaga,  juga pengembangan dalam kerjasama antara STIP dan stakeholders. Pada penghujung 2017 lalu, Gagasan Inovasi STIP yang diusung oleh Capt. Sahattua telah lolos pengujian oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) dengan kategori terbaik dan sangat memuaskan. Pameran gagasannya pun masuk dalam kategori 5 terbaik dari 30 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan lembaga pemerintah di seluruh Indonesia.Sampai saat ini gagasan proyek perubahan tersebut masih berlanjut dan sedang dalam tahap jangka menengah. Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Djoko Sasono, mengapresiasi pencapaian ini, "Semoga penghargaan ini menjadi energi tambahan untuk lebih maju lagi dan terus berprestasi”, ujar Djoko.
Bisma Mukti Wibowo juga selaku Ketua Penyelenggara dan Penanggung Jawab 7SkyMedia dalam pemberian penghargaan mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut layak diberikan kepada mereka yang telah menunjukan kualitas dalam memimpin. 7SkyMedia merupakan manajemen yang memberikan apresiasi bagi pelaku yang telah menunjukan sumbangsih dan inovasi atas perubahan-perubahan yang memberi kemajuan dari beberapa sektor termasuk perekonomian, pendidikan, pemerintahan dan sektor lainnya yang berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. “Awalnya saya tidak tahu sama sekali mengenai 7sky media, sedikit terkejut ketika menerima surat pemberitahuan nominasi ini” ujar Capt. Sahattua seusai menerima penghargaan. Ia menambahkan bahwa dukungan Kepala BPSDM Perhubungan-lah yang membuatnya menjadi yakin untuk menerima penghargaan tersebut. “Terima kasih kepada keluarga besar STIP dan BPSDMP serta semua pihak yang telah mendukung saya, penghargaan ini untuk kita semua”, tegas Capt. Sahattua. Secara khusus, kepada seluruh pegawai di lingkungan STIP, Capt. Sahattua  menyampaikan terima kasih yang mendalam disertai harapan semoga kinerja kita semakin baik dan bersama-sama menjadikan STIP menjadi center of excellence pendidikan pelayaran niaga di Indonesia. Inovasi dan pengembangan pendidikan pelayaran niaga ini sejalan dengan salah satu fokus pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, mengembalikan kejayaan  kemaritiman Indonesia di kancah dunia. “Ini tugas yang tidak mudah, namun juga tanggung jawab yang membawa kebanggaan”, tutup Capt. Sahattua.
 
 
 
 
Add a comment
 

Bimbingan Teknis Analisis Jabatan Dan Analisis Beban Kerja

Hari ini, Selasa (30/01) telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja yang bertempat di El Royale Hotel Jakarta, Kelapa Gading. Acara bimbingan teknis ini dibuka oleh Ketua STIP Jakarta, Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M.,M.H. Bimbingan Teknis Analisis Jabatan ini dimaksudkan untuk melakukan penataan SDM aparatur sesuai kebutuhan. Demikian pula Analisis Beban Kerja ini bertujuan untuk menganalisa beban kerja yang dilakukan guna menentukan kualifikasi, syarat serta jumlah SDM yang dibutuhkan dalam melakukan suatu pekerjaan.

Narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Kepala Bagian Perencanaan Kepegawaian, Biro Kepegawaian & Organisasi Kementerian Perhubungan, Drs. Anggiro,M.Si dan Ka.BKAU, Capt. Budi Mantoro, M.Si., M.Mar. Bimbingan teknis ini dilakukan dalam rangka menciptakan birokrasi yang bersih dan baik, sehubungan dengan reformasi birokrasi.

Add a comment
 

Ketua STIP Jakarta Menghadiri Wisuda Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia (STPI), Program Diploma II Penerbang Sayap Tetap Angkatan II Gelombang II

Sabtu, (27/01) Ketua STIP Jakarta Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H. menghadiri Acara Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan Indonesia (STPI), Program Diploma II Penerbang Sayap Tetap Angkatan II Gelombang II. Turut hadir dalam acara wisuda ini, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Dr. H. Asman Abnur, S.E., M.Si. yang bertindak selaku Inspektur Upacara Pelantikan. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Nomor SK 112 tahun 2018‎ jumlah wisudawan yang dinyatakan lulus sebanyak 50 orang, dengan rincian enam orang lulus dengan pujian (cum laude), serta 44 orang lulus sangat memuaskan. Selain menghadiri acara wisuda tersebut, Menteri Perhubungan serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga mencoba simulator yang dimiliki STPI Curug, yaitu Simulator A. 320 dan B. 737 NG. 

Ketua STIP Jakarta Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H., pada kesempatan kali ini juga melakukan pembicaraan tentang persetujuan program pembibitan ikatan dinas untuk menjadi ASN dengan hasil pembicaraan yg memuaskan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, tugas STIP selanjutnya adalah untuk menyelesaikan naskah akademik secepatnya, dan dalam hal ini Ketua STIP Jakarta meminta masukan semua Alumni STIP dalam penyusunan tersebut.

 

Add a comment
 

Studi Banding Tim Pokja PJJ Ke UI Depok

Hari ini kamis (25/01), Tim Pokja Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melaksanakan kegiatan Studi Banding ke Universitas Indonesia - Depok, terdiri dari Bapak Nafi Almuzani, April Gunawan, Bhimo Siswo, Ferry Budi Cahyono, Pande Sijabat, Yudhiyono dan Ibu Puji ningsih, Retno S Wulandari, Vidya Selasdini serta 2 taruna/i STIP. Studi banding di terima oleh Kantor Sumber Daya Pembelajaran UI oleh Kepala SDP, Gatot F. Hertono., Ph. D., Koordinator Bid. Tek. Pembelajaran FA. Triatmoko dan Koordinator Operational Pelaksanaan T. Ahmad Daniel serta humas.

Disini tim pokja mendapatkan materi tata kelola e-learning dan kebutuhan e-learning yang mencakup : penyelenggaraan, support, infrastruktur, konten pembelajaran e-learning, kapasitas building.Setelah pemaparan materi terkait e-learning, tim pokja meninjau fasilitas pembelajaran seperti ruang rekam video pembelajaran, video conference, lab komputer serta studio 3 UI.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 2 dari 91

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id


Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@dephub.go.id



imo

 


Web Analytics