STIP Jakarta

Jumat, 23 Agustus 2019 22:52

Berita Utama

Pembukaan Training Course for Instructor / I.M.O. Model Course 6.09

Selanjutnya...(19/08) Jakarta, 19 Agustus 2019.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM membuka Training Course For Instructor (T.O.T. IMO Model Course 6.09) yang diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari tenaga pengajar pada  Lembaga Diklat Kepelautan di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM, dan didampingi oleh beberapa pejabat struktural dan fungsional juga turut hadir.

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Perhubungan, kemudian pembacaan laporan kegiatan dari Pembantu Ketua 1 Capt. Egbert Edward D, M.Pd. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM, yang mengucapkan, “Bahwa sesungguhnya pelaksanaan Training Course Of Instructor ini sejalan dengan persyaratan yang diminta oleh International Maritime Organization (IMO) melalui konvensi internasional STCW 1978 bahwa pemerintah harus menjamin  kualifikasi dan pengalaman dari instruktur dan assessor pada T.O.T kepelautan, semoga para peserta diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengikuti kegiatan diklat ini.”

Pada akhir acara yaitu ucapan selamat kepada para peserta diklat dan pemberian kartu tanda peserta kepada perwakilan peserta diklat.

Add a comment
 

DPM Meranti Angkatan XX Resmi Dibuka

Selanjutnya...Meranti, 19 Agustus 2019.
Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim membuka secara resmi kegiatan Diklat Pemberdayaan masyarakat Angkatan XX Gelombang Ke III Tahun 2019 Kabupaten Kepulauan Meranti, dalam rangka memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang ilmu Kemaritiman itu, Wabup berharap tercipta SDM Meranti yang profesional yang siap bekerja di Industri Maritim serta mampu membuka peluang kerja ditengah sulitnya ekonomi saat ini, bertempat di Aula Afifa  Selatpanjang.
Hadir dalam kegiatan itu, Kepala STIP Jakarta yang diwakili Bagaskoro, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready, KSOP Kelas I Dumai, KSOP Selatpanjang Suharto, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Perwakilan Pelindo, Perwakilan Polres Meranti, Forkopimda dan Instansi Vertikal lainnya, Jajaran Pejabat Eselon II dan III Di lingkungan Pemkab. Meranti, serta ratusan Putra-Putri asli Meranti peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat.
 
Pembukaan Diklat Pemberdayaan Mayarakat Angkatan XX Kepulauan Meranti 2019 ditandai dengan pemasangan Topi dan Penyerahan Baju Seragam secara simbolis oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim kepada perwakilan peserta disaksikan pihak STIP Jakarta, Firkopimda, pihak KSOP, Anggota DPRD Meranti dan lainnya.
Dalam laporan yang disampaikan oleh panitia kegiatan Diklat Diklat Pemberdayaan Mayarakat Angkatan Ke-XVIII Kepulauan Meranti 2019 ini merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan di tahun 2019 ini, sebelumnya ratusan peserta telah berhasil lulus dan mengantongi Sertifikat. Kini kembali dilatih 580 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yakni Kelompok I mengikuti Diklat BST KLM dan SKK 60 Mil Nautika dan Teknika, Kelompok II mengikuti Diklat CMT dan CMHBT.
Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...
Kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kompetensi  masyarakat dibagian maritim khususnya warga kurang mampu agar semakin produktif dan memiliki daya saing. Nantinya peserta Diklat akan diberikan Sertifkat yang diakui secara Internasional dam dapat digunakan untuk bekerja di industri Kemaritiman. Dalam Diklat ini peserta akan dilatih tentang bagaimana melakukan teknik pertahanan diri, penanggulangan kebakaran, dasar-dasar P3K. Selain itu juga diberi pengetahuan tentang perkapalan dan pelayaran, peraturan tentang perikanan, Navigasi dan keselamatan kerja. Direncanakan Diklat akan digelar selama 5 hari dari tanggal 19 hingga 24 Agustus 2019.
 
Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, dan Kementerian Perhubungan serta pihak KSOP yang telah memperhatikan masyarakat Meranti dengan menggelar Diklat Pemberdayaan masyarakat. Ia berharap perhatian ini terus berlanjut karena sebagai salah satu Kabupaten baru yang merupakan daerah Kepulauan di Provinsi Riau, masyarakat Meranti sangat membutuhkan pengetahuan tentang Kemaritiman.
"Kita berharap dengan adanya Diklat ini dapat mecetak pelaut Meranti yang profesional untuk mengisi kekosongan pelaut handal baik didalam maupun luar negeri," ujarnya.
 
Lebih jauh disampaikan Wabup, hal ini sesuai dengan kondisi geografis Meranti yang berpulau-pulau dimana sebagian besar masyarakat hidup sebagai Nelayan. Wabup berharap semua peserta dapat memanfaatkan Diklat ini untuk menambah ilmu dan pengetahuan sebagai bekal melaut.
 
Saat ini amat disayangkan Meranti yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Negara Tetanga seperti Malaysia serta Singapura, tetapi kita belum dapat memanfaatkan potensi itu dengan maksimal alias hanya jadi penonton. "Kedepan masyarakat Meranti harus bisa menguasai pelayaran di Selat Malaka, apalagi kita berada di daerah Terdepan dan paling strategis Nasional," papar Wabup.
Wabup menilai perlunya mencetak SDM berkualitas dibidang kelautan dan pelatihan ini sangat tepat untuk masyarakat Maritim terutama di Kepulauan Meranti. Kedepan Wabup menyarankan kepada Dinas terkait untuk memfollow up tenaga pembimbing kemaritiman  untuk melatih SDM Meranti agar tidak tertinggal dengan daerah lainnya.
 
Terakhir agar semua berjalan sesuai harapan Wabup mengingatkan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menyerap ilmu dari para Dosen pengejar untuk diterapkan dalam bekerja dibidang maritim. Dan yang tak kalah penting, Wabup mengingatkan kepada seluruh calon profesi industri Maritim itu untuk senantiasa bekerja Profesional, Jujur dan Ikhlas karena hanya dengan itu pimpinan dapat percaya.
"Disamping profesionalitas bekerja dengan baik dan jujur agar mendapat kepercayaan dari pimpinan,"pungkasnya.
 
Sekedar informasi Seperti diketahui dalam Diklat ini peserta akan digembelng dan diberi pengetahuan dibidang Kemaritiman Ketegori Kapal Layar Motor  seperti Kecakapan, Fire Fighting, dan lainnya oleh Instruktur Profesional dari Sekolah Tinggi Ilmu  pelayaran  Jakarta. Setelah mengikuti Diklat DPM seluruh peserta yang sebagian besar pemuda-pemudi Meranti akan diberikan Sertikat DPM Kelautan yang diakui Internasional.
 
Add a comment
 

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74

Selanjutnya...Jakarta 17 Agustus 2019,
Bertempat di lapangan Bintang Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Capt. Abdul Rahman, MM, selaku Pembantu Ketua 2 (Puket 2) mewakili Ketua STIP bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 74.
Kegiatan diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya dangan alunan musik tim korsik Gita Sapta Bahari Taruna Taruni STIP.
Selain dihadiri oleh para pejabat struktural fungsional serta para pegawai STIP, turut hadir juga para anggota DWP STIP dan para Taruna Taruni.
Dalam kutipan sambutan Menteri Perhubungan yang dibacakan oleh Irup beliau menyampaikan
Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...
"Dengan kegiatan peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019, yang mengambil tema "SDM Unggul Indonesia Maju" berharap kita selaku Insan Perhubungan dapat selalu optimis dan semangat untuk meningkatkan potensi kita sebagai sumber daya manusia di bidang transportasi, karena kualitas SDM Transportasi mencerminkan wajah keunggulan sebuah bangsa dan transportasi adalah suatu kebutuhan dasar untuk menunjang sektor strategis lainnya"
Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...
Setelah upacara selesai kegiatan dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para peserta perlombaan yang berhasil menjadi juara adapun nama peserta yang menjadi juara adalah;1.juara senam
 
I. Girnisia kakisina
 
II. Purwanto
 
III. Nur malau
 
2.Belut 
 
I. Farrel juneo
 
II. Devi wisnawati
 
III. Jesica
 
3.Balap karung 
 
I. Randy nathanael 
 
II. Jerry martin 
 
III. Pandhu budi
 
4.Tarik tambang 
 
I. team BDM taruna 
 
II. team Melati 
 
III. taruna Tk4
 
5.Membuat kopi 
 
I. ibu romaria dan ibu tristanti 
 
II. Euis dinda dan eliza 
 
III. Dicky m dan kevin
 
 
6.goreng pisang 
 
I. Martha.s dan mulyani 
 
II. Tristanti dan Fitrianti 
 
III. Bu frans dan bu april
 
 
7. Catur
 
I. pesta vieri 
 
II. Maurid 
 
III. Irfan izulhaq m
Add a comment
 

Perayaan HUT RI ke 74 STIP Jakarta

Selanjutnya...Semarak kemerdekaan RI yang dirayakan oleh Bangsa Indonesia merupakan salah satu wujud dari rasa syukur atas hasil perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raganya untuk kemerdekaan.
Untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke 74 Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran  (STIP) mengadakan berbagai kegiatan perayaan, kegiatan diawali dengan senam pagi bersama para civitas akademika STIP di lapangan bintang dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM

Selanjutnya...Selanjutnya...
Dalam acara pemotongan tumpeng ini ketua STIP di dampingi oleh seluruh pejabat struktural/fungsional ,pegawai STIP dan DWP STIP   sekaligus merayakan hari ulang tahun para pegawai STIP pada bulan Agustus ini.
Dalam sambutan ringannya Ketua STIP mengatakan,"Kegiatan potong tumpeng ini merupakan wujud rasa syukur kita atas apa yang telah diberikan oleh para pahlawan yang telah rela berjuang jiwa raganya sehingga saat ini kita bisa merasakan arti kemerdekaan yang sesungguhnya dan semoga dengan syukuran hari ini kita semakin dapat meningkatkan kinerja kita dalam mengisi kemerdekaan ini, saya ucapkan selamat ulang tahun kepada bapak ibu semua yang hari ini  sedang berulang tahun semoga panjang umur dan sukses selalu".

Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...Selanjutnya...
Dan kemudian acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan perlombaan yang diikuti oleh para pegawai dan Taruna serta DWP STIP diantaranya yaitu lomba masak, catur, tarik tambang, balap karung dan memasukkan belut kedalam botol.

Add a comment
 

Komitmen STIP Terhadap Inovasi Pelayanan Sertifikat Delivery On Time

 

 

Selanjutnya...(14/08) Divisi Pengembangan Usaha STIP telah membagikan sertifikat diklat keterampilan pelaut "Delivery on time" kepada para peserta diklat. Sertifikat yang diterima peserta sesuai dengan Jenis Diklat & Periode Pelaksanaannya, adapun jenis sertifikatnya yaitu Sertifikat Diklat BST period 04 Agustus s.d. 15 Agustus 2019 dengan jumlah 34 peserta. Kegiatan penyerahan sertifikat yang bersifat "Delivery On Time" ini sebagai wujud pelayanan prima dari STIP kepada masyarakat dan menuju STIP menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Selanjutnya...

 

 

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 2 dari 148
 
 
 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

Layanan Pengaduan STIP Jakarta

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta.ac.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id


Web Analytics