STIP Jakarta

Minggu, 22 Juli 2018 19:53

Berita Taruna/Peserta DIklat

Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Angkatan ke VII Tahun 2018

(20/07) Hari jumat ini di STIP telah dilaksanakan acara "Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat(DPM) Angkatan ke VII Tahun 2018",kerjasama kampus STIP dengan Lembaga Kepelautan Dan Nelayan Indonesia(LKPI). Peserta pada diklat ini berjumlah 69 peserta yg berasal dari Jakarta dan Belitung ,sejumlah peserta ini akan mengikuti diklat yang terdiri dari BST,SAT,MFA.


Dalam sambutan bapak Dr.Ayub Sihadibran SH,M.Ba selaku Kepala LKPI "Mengucapkan banyak terimakasih dan menyambut baik atas jalinan kerjasama ini, dan merupakan suatu kehormatan yg luar biasa karena LKPI bisa berpartner dengan STIP, untuk mewujudkan poros maritim sesuai dengan instruksi dari presiden Republik Indonesia. Dan suatu kebanggaan juga bagi seluruh peserta karena berkesempatan menambah kemampuan diri dengan mengikuti diklat ini yang dilaksanakan  secara gratis". Dan diakhir sambutannya beliau menambahkan agar seluruh peserta dapat mengikuti diklat ini secara baik dan mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan sehingga terwujud SDM pelaut  yg baik.

Sedangkan dalam kesempatan yang sama dalam sambutannya ketika membuka diklat ini Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH menyatakan, "Ucapan terimakasih kepada LKPI khususnya kepada pimpinan LKPI yg telah membantu kami(STIP)dalam mewujudkan kegiatan ini dengan menggabungkan unsur nusantara yang berasal dari  masyarakat Belitung Timur dan Jakarta ,dan menyatukan dalam kampus STIP ini. Ketua STIP berharap agar dari kegiatan ini akan terbentuk masyarakat maritim yang akan saling mendukung dalam segala hal yg bertujuan peningkatan kemampuan diri sehingga terwujud SDM yg lebih baik.

Add a comment
 

Pedang Pora STIP

 

Selain Drumband, Vallreef atau yang biasa disebut pedang pora adalah salah satu ekstrakulikuler yang sangat diminati Taruna/i STIP Jakarta. Ada dua jenis Upacara Pedang Pora yaitu Upacara Pedang Pora Pernikahan dan Upacara Pedang Pora Kematian. Satu tim Pedang Pora terdiri dari 1 Danton (Komandan Pleton), 7 Pasang Taruna sebagai Jajar (7 melambangkan samudra di dunia), 2 tim tiup (yang meniupkan sangkakala), 1 MC (yang membacakan susunan acara, biasanya taruni), 2 Pendamping Taruni dan 1 Keyboardist (untuk Upacara Pedang Pora Pernikahan). Upacara Pedang Pora Pernikahan dilakukan ketika Alumni dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran akan menempuh hidup baru dalam berumah tangga.

Upacara ini adalah sebagai penghormatan Junior kepada Senior dan penghormatan STIP kepada Alumni yang sudah berjasa selama ini. Sedangkan Upacara Pedang Pora Kematian dilakukan ketika Alumni, Dosen, Taruna/i yang meninggal sebagai bentuk Penghormatan terakhir menuju tempat peristrahatannya. Hari ini, kami berduka. Capt. Sigit Herlambang AIP angkatan 34 telah berpulang ke Rahmatullah. Kami mengantarkan beliau menuju tempat peristrahatan terakhir dengan langkah tegap, memberikan penghormatan terakhir serta memberikan do'a yang tulus semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan. (Amin YRA)

Add a comment
       
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 1 dari 28

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id