STIP Jakarta

Selasa, 19 Maret 2019 01:39

Berita Taruna/Peserta DIklat

468 Taruna STIP Baksos Di Pantai Pakis Jaya

(29/01) Bertempat di Kawasan Tanjung Karawang pantai Pakis jaya, sejumlah 468 Taruna/i STIP melakukan kegiatan Bakti sosial (Baksos). Kegiatan Baksos ini merupakan bagian dari program Taruna Pencinta Alam Laut (TARPALA) Taruna STIP.


Kegiatan ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Pembantu Ketua 3 Soleh uddin,MM bersama seluruh jajaran pendukung dijajaran Pusat Pembangunan Karakter (Pusbangkar) STIP.

Dalam sambutanya puket 3 menyampaikan "program ini merupakan program tahunan yang selalu kita lakukan, disamping untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama juga untuk menambah wawasan bagi seluruh Taruna/i muda agar dapat menambah pengalaman dan keterampilan tentang survival dan penyelamatan diri dilaut,saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara baik dan penuh semangat sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita semua".



Selain memberikan bantuan berupa alat-alat kebersihan, dalam kesempatan baksos ini , seluruh Taruna melakukan pembersihan kawasan pantai sekitarnya serta pemukiman para nelayan di Kawasan Pantai Pakis Jaya Karawang.

Setelah acara baksos dan pelatihan survival dasar selesai kegiatan ditutup dengan pembaretan yang dipakaikan secara simbolis kepada perwakilan Taruna muda.

Add a comment
 

Kuliah Umum Dr. Capt. Anton Sihombing di STIP Jakarta

(27/11) Bertempat di Kampus STIP Jakarta Dr. Capt. Anton Sihombing Penasehat Corps Alumni Akademik Ilmu Pelayaran (CAAIP) dan Ketua Ikatan Nahkoda Niaga Indonesia (INNI) memberikan kuliah umum dengan tema “Indonesia Membangun Poros Maritim”.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua STIP Capt. Marihot Simanjutak, MM. Dalam sambutannya Ketua STIP mengatakan, “hari ini kita kedatangan tamu yang luar biasa, yang merupakan salah satu sesepuh Akademik Ilmu Pelayaran (AIP) yang saat ini beliau sebagai  Penasehat CAAIP dan Ketua INNI, hari ini kita semua akan banyak belajar dari senior kita ini, karena apa yang beliau sampaikan kepada kita adalah bagian dari pengalaman beliau selama ini”. Setelah sambutan Ketua STIP acara dilanjutkan dengan materi kuliah umum dari Dr. Capt. Anton Sihombing.

Saat menyampaikan kuliah umum Dr. Capt. Anton Sihombing menjelaskan bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta merupakan salah satu bagian dari pembangunan poros maritim. Yang beberapa waktu lalu telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Dan di STIP inilah tempat dimana pelaut handal dididik dan ditempa untuk menjalankan dan menggerakkan seluruh kapal yang ada di dunia sekalu perwira pelayaran niaga.  Maka untuk para Taruna/I STIP harus bangga karena anda semua adalah manusia terpilih dari sekian juta penduduk Indonesia dan memiliki kesempatan belajar di Kampus STIP.

Sejarah juga sudah membuktikan betapa pentingnya wilayan laut kita, dan dimasa dahulu kita pernah membuktikannya menjadi wilayah yang memiliki armada laut yang kuat, dan saat ini kejayaan itu harus bisa kita kembalikan. Karena sebagian besar saat ini perjalanan ekonomi strategis antar Negara dan Benua sangat mengandalkan jalur laut.

Di penghujung acara beliau mengutip penyataan Bung Karno tentang “Cakrawati Samudra”. Cakrawati Samudra adalah sebuah bangsa yang mempunyai armada niaga, armada militer, dan bangsa yang kesibukannya di laut menandingi irama gelombang laut. Kemudian kuliah umum ini ditutup dengan sesi tanya jawab, dimana Taruna/I STIP sangat aktif bertanya tentang perkembangan maritime Indonesia dan dunia kepada Dr. Capt. Anton Sihombing.

Add a comment
 

Partisipasi STIP Jakarta dalam English X-traordinary Olympics 2018

(19/11) BP2IP Malahayati Aceh menggelar Kompetisi Bahasa Inggris pada tanggal 15-17 November 2018. Kegiatan kali ini yang bertajuk English X-traordinary Olympics mengambil tema "Equality in Diversity". Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta yang terdiri dari beberapa instansi, diantaranya STIP Jakarta, Poltekpel Sumbar, Poltek Trans SDP Semarang, Poltek Trans SDP Palembang, Poltekpel Surabaya, PIP Semarang serta B2IP Tangerang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kasi Gardik BP2IP, Dwi Ari Wibowo, Kamis (15/11/2018).

Pada kesempatan kali ini, STIP Jakarta turut mengirimkan beberapa taruna dan taruni sebagai perwakilan. Mereka mengikuti 3 cabang perlombaan, yaitu speech contest, debate championship serta singing contest. Dan kali ini, Taruni Ketlyn Mega Simamora memberikan kebanggan bagi STIP Jakarta dengan membawa pulang juara 3 dalam kategori Singing Contest.

Add a comment
 

Penyerahan Sertifikat Diklat Keterampilan Pelaut "Delivery On Time STIP Jakarta"

(16/11) Hari ini, Divisi Pengembangan Usaha STIP telah membagikan sertifikat diklat keterampilan pelaut  "Delivery on time" kepada para peserta diklat yang secara langsung diserahkan oleh Capt. Bhima S. Putro, MM. selaku Ka. Sub. Div. Pengembangan Dan Kerjasama. Sertifikat yang diterima peserta sesuai dengan "Jenis Diklat & Periode Pelaksanaannya", adapun jenis sertifikatnya yaitu Sertifikat Diklat BLGT periode 12 November - 16 November 2018 dengan jumlah 16 peserta.Kegiatan penyerahan sertifikat yang bersifat "Delivery On Time" ini sebagai wujud pelayanan prima dari STIP kepada masyarakat.

 

 

Add a comment
 

INAGURASI PELANTIKAN CALON TARUNA TARUNI STIP JAKARTA ANGKATAN 61

(16/11) Pada hari ini telah dilaksanakan Upacara pelantikan calon taruna/i STIP Jakarta Angkatan 61, yang berlangsung di Lapangan Bintang STIP Jakarta.

“Antusias” satu kata yang tepat untuk menggambarkan para keluarga catar yang rela menunggu acara inagurasi dimulai dari pagi hingga siang. Tak mengenal teriknya matahari yang menyengat, mereka berbondong-bondong datang ke acara inagurasi calon taruna/i angkatan 61.

Acara inagurasi dimulai dengan pembukaan hiburan yang antara lain: penampilan english speech oleh perwakilan Catar/ir Angkatan 61. Dan penampilan PBB Formasi, bela diri militer angkatan 61, serta Kolone senjata dan Drumband Gita Sapta Bahari oleh Taruna madya angkatan 60.

Kemudian dimulai Upacara Pelantikan Calon Taruna Taruni angkatan 61 yang dipimpin oleh Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM dengan penyematan Chevron dan Evolet kepada calon taruna/i serta pembacaaan ikrar dan 5 citra manusia perhubungan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Dalam amanat nya Ketua STIP Jakarta Capt. Marihot Simanjuntak, MM menyampaikan selamat kepada semua catar/ catir dalam mengikuti kegiatan selama MADATUKAR dan MADABINTAL yang telah dilaksanakan selama beberapa bulan dan selamat datang TARUNA TARUNI Angkatan 61 di STIP Jakarta.

Dan diakhir upacara pelantikan Calon taruna taruni angkatan 61, ada penampilan Raffeling oleh calon taruna angkatan 61 serta yel-yel dan flash mob ‘TOBELO’ bersama.

“I AM PROUD TO BECOME A PART OF STIP JAKARTA”

NAUYANAM AVASYABHAVI JIVANAN ANAVASYABHAVI

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 7 dari 42
 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas_stipjakarta@dephub.go.id

Diklat Pelaut:

div_pu@dephub.go.id

Customer Service Loket Pendaftaran Diklat Pelaut

+6281278025411

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:

ks-pkn@dephub.go.id

Lembaga Sertifikasi Profesi

lsp_stip@dephub.go.id